HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pemenuhan Hak Anak Ekspos Hasil Pengawasan KPAI Tahun 2023

on Selasa, 31 Oktober 2023. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pemenuhan Hak Anak Ekspos Hasil Pengawasan KPAI Tahun 2023

Selasa, 31 Oktober 2023, pukul 13.00 WIB sesuai surat Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) nomor B-939/AP.07/KPAI/10/2023 tanggal 19 Oktober2023, bertempat di Ruang Command center, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. bersama Hakim yang ditunjuk, Sekretaris, Plt. Panitera mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Klaster Pemenuhan Hak Anak Ekspos Hasil Pengawasan KPAI Tahun 2023. Kegiatan rapat koordinasi dengan tema “Optimalisasi Pemenuhan Hak Anak dalam menuju Indonesia Layak Anak” dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting.

Peserta kegiatan rapat koordinasi berasal dari Peradilan Negeri/Agama, Pemerintah Daerah, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Kantor Wilayah Kementerian Agama, Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) dan Forum Anak Nasional dan Forum Anak Daerah seluruh Indonesia. Dalam agenda kegiatan rapat koordinasi tersebut, Komisioner KPAI menyampaikan pemaparan Ekspos Hasil Pengawasan KPAI pada tahun 2023 pada 4 hal diantaranya terkait Pengawasan Hak Sipil dan Partisipasi Anak, Pengawasan Pencegahan Perkawinan Usia Anak, Pengawasan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), dan Pengawasan Percepatan Penurunan Stunting. Setelah penyampaian pemaparan oleh Komisioner KPAI, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab bersama seluruh peserta kegiatan yang mengikuti. Seluruh rangkaian kegiatan ditutup dengan penyampaian hasil rekomendasi rapat koordinasi nasional Pengawasan Pemenuhan Hak Anak tahun 2023 oleh KPAI yang diperoleh dari hasil diskusi pada 4 hal yang telah dipaparkan.

Pengadilan Negeri Yogyakarta Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95

on Sabtu, 28 Oktober 2023. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95

Sabtu, 28 Oktober 2023, pukul 07.30 WIB bertempat di Halaman Kantor, Pengadilan Negeri Yogyakarta melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 dengan tema “Bersama Majukan Bangsa”. Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. bertindak langsung sebagai Pembina Upacara. Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda diikuti oleh Seluruh Hakim, Pejabat Kepaniteraan dan Kesekretariatan, Aparatur Pengadilan Negeri Yogyakarta dan PPNPN serta Hakim dan ASN dari pengadilan lain yang ikut melaksanakan upacara bendera di Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Dalam Upacara bendera Hari Sumpah Pemuda dibacakan teks keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 yang menghasilkan rumusan Sumpah Pemuda sebagai salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Dimana pelaksanaan upacara bendera untuk memperingati dimana 95 tahun lalu tepatnya 28 Oktober 1928 pemuda seluruh penjuru tanah air mengikrarkan diri bahwa satu nusa, satu bangsa, satu bahasa. Ikrar ini merupakan kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Dalam amanat upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023, Pembina Upacara menyampaikan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Dimana dalam amanat tersebut melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 dengan tema “Bersama Majukan Indonesia” memiliki makna kolaborasi yang menunjukkan keanekaragaman  suku,  bahasa, budaya dan heterogenitas  tersebut  sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia. Pemuda Indonesia harus memiliki visi misi, berpartisipasi aktif dan peran strategis dalam mewujudkan harapan masa depan Indonesia. Pelaksanaan Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda berlangsung dengan tertib dan khidmat. Seluruh rangkaian upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 berlangsung lancar dan diakhir upacara dilaksanakan sesi foto-foto bersama.