HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Kunjungan Kerja Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta ke Pengadilan Negeri Yogyakarta

on Jumat, 27 Oktober 2023. Posted in Berita Terkini

Kunjungan Kerja Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta ke Pengadilan Negeri Yogyakarta

Jumat, 21 Oktober 2023 pukul 10.00 WIB sesuai Surat Dekan Fakultas hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta nomor 795/V.5 tanggal 20 Oktober 2023 terkait permohonan audiensi, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. didampingi Hakim Juru Bicara/Humas dan Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana menerima Kepala Laboratorium Hukum dan perwakilan dosen Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pertemuan yang dilaksanakan di ruang Command Center, berkaitan dengan pelaksanaan kurikulum/ materi Pengenalan Profesi Penanganan Perkara Pidana dan Penyelesaian Sengketa Alternatif (ADR) bagi mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang direncanakan akan disecara luring (offline) dan ijin bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti persidangan.

Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta merespon positif apa yang disampaikan dan akan menindaklanjuti dengan menunjuk hakim-hakim untuk memberikan pendampingan/mengajar, karena hal ini selaras dengan program Pengadilan Negeri Yogyakarta sebagai Pengadilan Pendidikan dimana hakim selain melaksanakan tugas pokok juga memberikan pendampingan bagi mahasiswa magang, riset dan mengajar. Diharapkan dengan pengenalan tersebut menambah wawasan dan menumbuhkan minat bagi mahasiswa untuk berkarir sebagai hakim atau aparatur penegak hukum lainnya (Jaksa, Polisi, Advokat). Hakim Juru Bicara/Humas, Heri Kurniawan, S.H., M.H. turut menambahkan bahwa selain pendampingan, para hakim juga akan sharing pengalaman terkait tugas sebagai hakim dalam menghadapi berbagai hal dalam persidangan dan akan berinteraktif untuk menumbuhkan keingintahuan dan keaktifan mahasiswa.

Pengadilan Negeri Yogyakarta Melaksanakan Eksekusi Perkara Perdata Kelurahan Bener Kota Yogyakarta

on Kamis, 26 Oktober 2023. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Melaksanakan Eksekusi Perkara Perdata Kelurahan Bener Kota Yogyakarta

Kamis, 26 Oktober 2023 pukul 10.00 WIB, Pengadilan Negeri Yogyakarta melaksanakan proses eksekusi terhadap sebidang tanah yang terletak di jalan Bener,  Kelurahan Bener, Kemantren Tegalrejo, Kota Yogyakarta pada perkara permohonan eksekusi nomor 14/Pdr.Eks/2016/PN Yyk Jo. 105/Pdt.G/2013/PN Yyk Jo. 50/PDT/2014/2014/PT YYK Jo. 1859 K.PDT/2015 Jo. 680 PK/PDT/2017. Plt. Panitera, Narti Hartati, S.H. bersama Tim Eksekusi Pengadilan Negeri Yogyakarta (Jurusita dan Pengamanan internal) dan aparat keamanan melaksanakan jalannya proses eksekusi. Turut hadir dalam pelaksanaan eksekusi Kuasa Hukum Pemohon Eksekusi, Kuasa Hukum Termohon Eksekusi, Tergugat I, Perwakilan Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta, Perwakilan RT 12/ RW 07/ Kelurahan Bener/ Kecamatan Tegalrejo, Koramil 02/Tegalrejo, Jajaran Polsek Tegalrejo / Polresta Kota Yogyakarta.

Pelaksanaan eksekusi dijaga ketat oleh aparat keamanan karena untuk mengantisipasi tindakan anarkis yang mungkin terjadi. Dalam proses eksekusi, Jurusita Pengadilan Negeri Yogyakarta, Heri Prasetya, S.H. membacakan Penetapan Eksekusi Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta. Setelah pembacaan penetapan eksekusi dilakukan, Badan Pertanahan Kota Yogyakarta (salah satu pihak turut tergugat) menyatakan tidak setuju atas pelaksanaan eksekusi karena beranggapan bahwa lokasi objek sengketa yang dieksekusi tidak sesuai/salah lokasi dan menolak melaksanakan pencatatan administratif tanah tersebut di Badan Pertanahan Kota Yogyakarta setelah proses eksekusi dilaksanakan.

Walaupun demikian dengan tetap berpedoman pada penetapan eksekusi, proses pelaksanaan eksekusi tetap berlanjut, dan selanjutnya Plt. Panitera memerintahkan tim eksekusi untuk membuka paksa pintu pada tembok pagar keliling  yang ada di lokasi tanah objek sengketa dan memastikan tidak ada bangunan dalam objek sengketa. Setelah dipastikan tidak ada, objek sengketa dipasang gembok dan pembatas menggunakan seng untuk mencegah pihak tidak berkepentingan masuk. Dalam proses tersebut sempat terjadi keributan dan kondisi mulai tidak kondusif ketika pihak Termohon Eksekusi hadir dan merasa tidak menerima pelaksanaan eksekusi serta meminta penjelasan kepada tim eksekusi hingga berusaha merusak spanduk yang terpasang sebagai tanda telah dilaksanakan proses eksekusi pada objek sengketa.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Panitera merespon bahwa tim eksekusi hanya melaksanakan hasil penetapan eksekusi, terkait hal-hal lain agar disampaikan melalui prosedural di Kantor Pengadilan Negeri Yogyakarta. Pihak aparat keamanan berusaha menghalau dan mencegah pihak termohon eksekusi berbuat lebih hingga proses serah terima kunci akses ke objek sengketa oleh Plt. Panitera kepada Kuasa Hukum Pemohon Eksekusi selesai dilaksanakan. Setelah proses eksekusi berhasil dilaksanakan, Tim Eksekusi Pengadilan Negeri Yogyakarta segera meninggalkan lokasi eksekusi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan dikawal aparat keamanan.