HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023

on Jumat, 10 November 2023. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023

Jumat, 10 November 2023, pukul 08.00 WIB bertempat di Halaman Kantor Pengadilan Negeri Yogyakarta melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 dengan tema “Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. bertindak langsung sebagai Pembina Upacara. Upacara peringatan Hari Pahlawan diikuti oleh Seluruh Hakim, Pejabat Kepaniteraan dan Kesekretariatan, Aparatur Pengadilan Negeri Yogyakarta dan PPNPN. Pada rangkaian urutan upacara bendera hari pahlawan turut dibacakan pesan-pesan perjuangan pahlawan nasional. Dalam amanatnya, Pembina Upacara menyampaikan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia. Dimana dalam amanat tersebut melalui Hari Pahlawan Tahun 2023 “Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan” diharapkan dapat menjadi bahan renungan mendalam dan tantangan bagi generasi penerus untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

Hal ini karena bangsa Indonesia merupakan pasar besar yang dikaruniai banyak sumber daya alam melimpah sehingga diperlukan kemampuan dalam mengelolanya. Semangat juang pahlawan bangsa tahun 1945 menjadi dasar perjuangan untuk memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan, menolak kalah dan menyerah pada keadaan dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga terwujud masa depan yang lebih baik. Pelaksanaan Upacara peringatan Hari Pahlawan berlangsung dengan tertib dan khidmat hingga upacara berakhir. 

Hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Ikrar Setia NKRI Narapidana Tindak Pidana Terorisme

on Kamis, 09 November 2023. Posted in Berita Terkini

Hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Ikrar Setia NKRI Narapidana Tindak Pidana Terorisme

Kamis, 09 November 2023, pukul 14.00 WIB memenuhi surat undangan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta nomor W.14.PAS.PAS.1-PK-3083 tanggal 4 November 2023, Hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta, Yulanto Prafifto Utomo, S.H., M.H. hadir mewakili Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta dalam kegiatan Ikrar Setia bagi Narapidana Tindak Pidana Terorisme. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Lapas Kelas IIA Yogyakarta dan dihadiri oleh Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemsyarakatan, Supriyanto; Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DI. Yogyakarta, Agung Rektono Seto, S.E., M.Si.; Kepala Lapas Kelas II A Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo, A.Md.I.P, S.H., M.H.; Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Yogyakarta, Wirawan Haryo Yudo mewakili Pj. Walikota Yogyakarta;  jajaran Forkopimda Kota Yogyakarta dan jajaran Lapas Kelas IIA Yogyakarta.

Tiga narapidana tindak pidana terorisme didampingi rohaniawan dan saksi, masing-masing membacakan dan menyatakan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di hadapan Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DI. Yogyakarta, Kepala Lapas Kelas II A Yogyakarta, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Yogyakarta dan disaksikan oleh seluruh tamu undangan yang hadir.

Pada ikrarnya ketiga narapidana mengakui bahwa Pancasila dan UUD 1945 tidak bertentangan dengan pemahaman agama yang mereka yakini serta menyatakan keluar dari aliran terdahulu. Setelah prosesi pembacaan ikrar masing-masing narapidana tindak pidana terorisme melakukan penghormatan dan mencium Bendera Merah Putih dan membaca teks Pancasila sebagai simbol telah kembali kepangkuan ibu pertiwi, mengakui NKRI, Pancasila dan UUD 1945.