HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Forum Ahli OJK dan Moot Court Tahun 2023

on Jumat, 23 Jun 2023. Posted in Berita Terkini

Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Forum Ahli OJK dan Moot Court Tahun 2023

Jumat, 23 Juni 2023, pukul 09.00 WIB memenuhi surat Direktur Litigasi dan Bantuan Hukum Otoritas Jasa Keuangan nomor S-158/MS.613/2013 tanggal 13 Juni 2023, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Forum Ahli Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Moot Court Tahun 2023. Kegiatan yang diselenggarakan oleh OJK selama 2 hari pada tanggal 22-23 Juni 2023 di Hotel Porta Yogyakarta dihadiri dan diikuti oleh pegawai OJK yang berasal dari Kantor Pusat, Kantor Regional 3 Jawa Tengah dan DIY, Kantor OJK Provinsi DIY, Kantor OJK Solo, Kantor OJK Tegal dan Kantor OJK Purwokerto.

Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta didaulat sebagai narasumber untuk mengisi materi tentang hukum acara dan tata cara pemberian keterangan ahli di persidangan khususnya dalam perkara tindak pidana di bidang perbankan sekaligus sebagai pendamping dan pembimbing dalam kegiatan moot court (Peradilan Semu). Kegiatan Forum Ahli Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Moot Court dilaksanakan seiring semakin banyaknya pegawai OJK yang diminta sebagai ahli oleh aparat penegak hukum maka harapannya dengan mengikuti kegiatan ini kualitas SDM pegawai OJK sebagai ahli menjadi lebih memahami substansi perkara dan hukum acara serta memiliki kesiapan secara mental di persidangan.

Dalam penyampaian dan pemaparan materi “Penguatan Pengetahuan dan Kiat Pemberian Keterangan Ahli di Persidangan”, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta menjelaskan secara ringkas, jelas dan mudah dimengerti kepada seluruh peserta OJK yang hadir. Selanjutnya untuk semakin mengerti dan memahami tentang materi yang telah disampaikan, juga dilaksanakan kegiatan moot court (persidangan semu) yang mensimulasikan persidangan perkara yang menghadirkan ahli dalam perkara  pidana di bidang perbankan.

Setelah pemaparan materi dan pelaksanaan moot court, juga dilaksanakan dialog interaktif, tanya jawab dan review (sharing session) terkait materi dan praktek peradilan yang dilakukan apabila dirasa masih kurang mengerti dan memahami. Kegiatan Forum Ahli Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Moot Court Tahun 2023 ditutup secara resmi oleh Direktur Litigasi dan Bantuan Hukum Otoritas Jasa Keuangan, Suharso dan diakhiri dengan sesi foto bersama dengan narasumber, seluruh panitia dan peserta OJK yang hadir.