HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Pembinaan Bidang Teknis dan Administrasi Peradilan oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI Januari 2022

on Jumat, 28 Januari 2022. Posted in Berita Terkini

Pembinaan Bidang Teknis dan Administrasi Peradilan oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI Januari 2022

YOGYAKARTA, Untuk memenuhi Surat dari Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial Nomor: 4/WKMA.NY/UND/1/2022 Tanggal 19 Januari 2022, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Dr. Frida Ariyani, S.H.,M.Hum beserta Hakim, Panitera dan Sekretaris mengikuti serangkaian kegiatan Pembinaan Teknis dan Administrasi Peradilan oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI. Pembinaan dilakukan secara dua metode, yaitu daring dan luring yang mana Pengadilan Negeri Yogyakarta mengikuti secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Sedangkan pembinaan secara luring diadakan di Hotel Best Western Premier Panbil Batam. Pembinaan ini diikuti oleh Pimpinan, Hakim dan Aparatur Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada 4 (empat) lingkungan peradilan seluruh Indonesia. Kegiatan berlangsung selama 2 (dua) hari, yaitu Kamis 27 Januari 2022 s.d. Jumat 28 Januari 2022. Adapun materi pembinaan yang disampaikan adalah yang pertama pembinaan bidang teknis dan administrasi yudisial serta pengawasan oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI, kedua pembinaan oleh Pejabat Eselon I Mahkamah Agung RI, sesuai dengan bidang masing-masing.

Pembinaan Bidang Teknis dan Administrasi Peradilan ini diawali dan dibuka oleh Sambutan Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H.,M.H. Pada sambutannya, KMA menyampaikan beberapa hal penting, yaitu:

  1. Selalu waspada dan terus menjalankan protokol kesehatan Covid-19 serta menjalani vaksinasi ketiga (booster) karena wabah virus Covid-19 varian Omicron yang terus meningkat.
  2. Senantiasa untuk terus menjaga dan meningkatkan Integritas.
  3. Menjalankan, mengamalkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 8 Tahun 2016 dan Maklumat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1/Maklumat/KMA/IX/2017 dengan penuh tanggung jawab.
  4. Mahkamah Agung RI dan Tentara Nasional Indonesia telah menandatangani Surat Keputusan Bersama tentang Kerjasama Penugasan dan Pembinaan Prajurit Tentara Nasional Indonesia di Mahkamah Agung dan di Pengadilan Militer serta di Pengadilan Perikanan pada tanggal 21 Januari 2022.
  5. Mahakamah Agung RI telah menetapkan penyelenggaraan prosesi Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI tahun 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2022.

"Jangan berharap publik akan percaya pada lembaga peradilan, sepanjang masih ada Hakim dan Aparatur Peradilan yang menggadaikan integritasnya. Oleh karena itu Hakim dan Aparatur Peradilan yang tidak berintegritas ibarat tumor dalam tubuh, untuk mengobatinya harus dipotong agar tidak menjalar ke bagian tubuh yang lain". Kata Ketua Mahkamah Agung RI di penghujung sambutannya. Pada hari kedua, kegiatan pembinaan dimulai pukul 08.00 WIB. Kegiatan tetap dilakukan secara daring dan luring. Pembinaan hari kedua langsung dimulai dengan pengisian materi oleh Panitera, Sekretaris dan Pejabat Eselon I Mahkamah Agung RI dengan bidang masing-masing.