HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Pembinaan Bidang Teknis dan Administrasi Yudisial secara Virtual oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI

on Kamis, 23 Jun 2022. Posted in Berita Terkini

Pembinaan Bidang Teknis dan Administrasi Yudisial secara Virtual oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI

 

Kamis 23 Juni 2022 pukul 14.00 WIB bertempat di Ruang Command Center Pengadilan Negeri Yogyakarta , Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H.,M.H. didampingi seluruh Hakim, Panitera dan Sekretaris mengikuti serangkaian kegiatan Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI bagi jajaran 4 (empat) Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia sesuai dengan Surat Undangan Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial Nomor:  19/WKMA.NY/UND/6/2022 Tanggal 17 Juni 2022. Kegiatan dilakukan secara luring di Hotel JW Marriot Medan dan diikuti oleh seluruh aparatur peradilan di seluruh Indonesia secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan Pembinaan merupakan agenda yang rutin dilakukan Pimpinan Mahkamah Agung. Hal ini merupakan ajang dalam memberikan nasehat dan arahan secara langsung kepada seluruh aparatur peradilan serta mencari pemecahan masalah-masalah yang ada di dunia peradilan di seluruh nusantara.

 

Acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus Pembinaan oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H.,M.H. Pada pembinaannya, Ketua Mahkamah Agung menyampaikan beberapa hal penting, diantaranya:

  1. Telah dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Pedoman Kerja Bersama tentang Pengembangan dan Implementasi Sistem Peradilan Pidana Terpadu Berbasis Teknologi Informasi (SPPT-TI), Mahkmah Agung dengan 10 Kementerian dan Lembaga Penegak Hukum pada 21 Juni 2022.
  2. Mahkamah Agung melalui Biro Hukum dan Humas telah membangun aplikasi Berkas Perkara Pidana Terpadu secara Elektronik atau disebut e-Berpadu.
  3. Adanya penambahan fitur di aplikasi e-Bima.
  4. Amanat Cetak Biru Pembaruan Peradilan tahun 2010-2035, Sistem Kamar pada Pengadilan Tinggi yang masih harus dikaji dan dilakukan penelitian lebih lanjut.
  5. Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung pada Satuan Kerja Pengadilan.
  6. Penggunaan Media Sosial Bagi    Aparatur Peradilan harus secara bijak.

Selain beberapa point penting tersebut, KetuaMahkamah Agung juga mengimbau agar seluruh aparatur peradilan menumbuhkan semangat kebersamaan dan sikap kepedulian antar sesama dalam saling menjaga dan saling mengingatkan untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat menurunkan citra positif lembaga peradilan.

Setelah sambutan dan pembukaan oleh Ketua Mahkamah Agung RI, kegiatan dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisal dan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial dan dilanjutkan dengan Materi yang disampaikan oleh Para Ketua Kamar. Setelah istirahat, Materi dilanjutkan dengan Pembinaan oleh Panitera, Sekretaris serta Pejabat Eselon I Mahkamah Agung RI sesuai dengan bidang masing-masing.