HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Pembinaan Teknis dan Administrasi oleh Pengadilan Tinggi Yogyakarta

on Jumat, 22 April 2022. Posted in Berita Terkini

Pembinaan Teknis dan Administrasi oleh Pengadilan Tinggi Yogyakarta

Jumat 22 April 2022 Pukul 09.00 WIB Pengadilan Negeri Yogyakarta mendapatkan kehormatan dengan kunjungan Kerja dari Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Kunjungan kerja tersebut diketuai atau dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Dr. H. Kresna Menon, S.H.,M.Hum. didampingi Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris dan perwakilan Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Maksud dan tujuan dari kedatangan Ketua Pengadilan Tinggi dan tim adalah untuk melakukan Pembinaan Teknis dan Administrasi sekaligus melihat kondisi langsung Pengadilan Negeri Yogyakarta, terutama di bidang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Kedatangan Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta dan Tim disambut hangat dan baik oleh Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H.,M.H. yang didampingi oleh Perwakilan Hakim, Panitera, Sekretaris dan Kasubag Pengadilan Negeri Yogyakarta. Saat sebelum memasuki gedung Pengadilan, rombongan Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta diarahkan dan dipersilahkan untuk mencuci tangan setelah itu diperiksa suhu badan masing-masing sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Tempat yang pertama didatangi adalah Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Yogyakarta sebagai ruang pelayanan publik bagi para pencari keadilan. Di ruang PTSP, Ketua Pengadilan Tinggi dan Tim menanyakan berbagai pertanyaan seputar pelayanan di PTSP. Usai dari ruang PTSP rombongan Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta melanjutkan kegiatan dengan berkeliling secara singkat melihat fasilitas-fasilitas di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Setelah berkeliling, rombongan Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta melanjutkan kegiatan Pembinaan Teknis dan Administrasi di Ruang Sidang Utama Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Pembinaan Teknis dan Administrasi dimulai dengan pembukaan oleh Master of Ceremony yang dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Lagu Hymne Mahkamah Agung RI. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta. Pada sambutannya, Ketua Pengadilan Negeri menyampaikan banyak terima kasih atas kunjungan dan pembinaan yang dilakukan serta berharap kegiatan seperti ini berkelanjutan kedepannya. Pada Kesempatan yang sama Ketua Pengadilan Negeri menyampaikan berbagai kegiatan yang sedang dilakukan oleh Pengadilan Negeri Yogyakarta dan berharap semoga dengan adanya kunjungan dan pembinaan ini menambah pengetahuan dan menjadikan kondisi Pengadilan Negeri Yogyakarta menjadi lebih baik lagi.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dan pembinaan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Pada awal sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta memperkenalkan diri secara singkat dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk melakukan kunjungan dan pembinaan ini serta Ketua Pengadilan Tinggi juga memberikan kesan dan apresiasi yang baik atas Protokol Kesehatan Covid-19 dan Kondisi Ruang Tamu Terbuka dan PTSP yang sudah baik. Ketua Pengadilan Tinggi menyampaikan beberapa hal pada pembinaannya, antara lain:

  1. Selalu memperhatikan dan memperbaharui serta evaluasi Standar Pelayanan dan SOP yang ada di Pengadilan Negeri Yogyakarta.
  2. Menyampaikan atas Perma Nomor 7,8,9 Tahun 2016 dan Maklumat Ketua Mahkamah Agung No. 1 Tahun 2017 serta PP No. 94 Tahun 2021 mengenai disiplin kerja, pengawasan, pengaduan serta selalu memperhatikan etika dalam bekerja.
  3. Memperhatikan dalam pembuatan suatu Putusan, baik dalam kepastian Hukum, Keadilan dan Kemanfaatannya
  4. Memperhatikan dalam pelaksanaan Eksekusi,
  5. Selalu meningkatkan kualitas dalam Pelayanan.

Pembinaan dilanjutkan oleh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Guntur Purwanto Joko Lelono, S.H.,M.H. Pada pembinaannya, Guntur menyampaikan pengenalan secara singkat. Setelah pengenalan, Guntur menyampaikan beberapa hal yaitu mengenai pelaksanaan e-Court dan e-Litigasi, pelaksanaan pembangunan Zona Integritas, persiapan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) dan harus membangun komitmen bersama dalam pembangunan Zona Integritas dan menuju Pengadilan yang lebih baik lagi serta membangun dan meningkatkan integritas. Setelah pembinaan dari Hakim Tinggi, selanjutnya Panitera Pengadilan Tinggi Yogyakarta memberi pembinaan. Pada pembinaannya Panitera PT menyampaikan terima kasih atas pengiriman berkas banding tidak jauh melebihi dari target waktu yang ditentukan. Panitera PT juga menyampaikan untuk permohonan perpanjangan Pasal 29 harus melalui aplikasi Sipanah Hati Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Setelah Panitera Pengadilan Tinggi menyampaikan pembinaannya, setelah itu Sekretaris Pengadilan Tinggi juga menyampaikan pembinaannya. Pada pembinaannya Sekretaris PT menyampaikan untuk selalu menjaga dan merawat fasilitas Pengadilan terutama di bidang pelayanan. Pada kesempatan yang sama, Sekretaris PT juga menyampaikan mengenai UU No 5 Tahun 2014. Setelah pembinaan-pembinaan telah dilakukan, kegiatan diakhiri dengan Doa yang dipimpin oleh MC dan foto bersama