HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Pembukaan On The Spot Judicial Monitoring (OTSJM) Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM) dan pembukaan Mahasiswa Magang Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) di Pengadilan Negeri Yogyakarta

on Selasa, 18 Oktober 2022. Posted in Berita Terkini

Pembukaan On The Spot Judicial Monitoring (OTSJM) Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM) dan pembukaan Mahasiswa Magang Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) di Pengadilan Negeri Yogyakarta

Selasa, 18 Oktober 2022, bertempat di Ruang Sidang Utama/Aula Pengadilan Negeri Yogyakarta, pukul 09.00 WIB telah dilaksanakan kegiatan Pembukaan Kegiatan On The Spot Judicial Monitoring (OTSJM) Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM) di Pengadilan Negeri Yogyakarta sekaligus dirangkaikan dengan kegiatan pembukaan Mahasiswa Magang Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh Djauhar Setyadi, S.H., M.H. didampingi oleh Hakim Pejabat Humas, para Hakim yang telah ditunjuk sebagai Hakim Pembimbing Mahasiswa, Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana, Perwakilan Fakultas Hukum UGM dan UII serta para mahasiswa UGM yang mengikuti OTSJM dan UII yang mengikuti magang.

Pada sambutannya, Kepala Kantor Administrasi Fakultas Hukum UGM, Ir. Urip Sudiyono, yang hadir pada kegiatan pembukaan, sekaligus mewakili Dekan Fakultas Hukum UGM mengucapkan terima kasih kepada Pengadilan Negeri Yogyakarta atas ijin pelaksanaan kegiatan On The Spot Judicial Monitoring (OTSJM) Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM) yang diberikan bagi mahasiswa UGM dan berpesan kepada para mahasiswa agar menjaga sikap dan perilaku selama melaksanakan kegiatan kegiatan di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Selanjutnya sambutan Dosen pembimbing Magang Mahasiswa UII, Indah Parmitasari, S.H., M.H. mewakili Fakultas Hukum UII juga menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan magang mahasiswa di Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Kemudian Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta dalam sambutannya merespon dengan baik kegiatan On The Spot Judicial Monitoring (OTSJM) Mahasiswa Fakultas Hukum UGM dan Mahasiswa Magang Fakultas Hukum UII di Pengadilan Negeri Yogyakarta dan harapannya dapat memberikan wawasan dan pengetahuan lebih dalam mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan kuliah praktek peradilan yang dilaksanakan merupakan bagian dari program Pengadilan Negeri Yogyakarta dalam mewujudkan dan memantapkan diri sebagai Pengadilan Pendidikan. Dalam sambutannya Ketua Pengadilan juga menyampaikan penjelasan terkait modernisasi peradilan melalui Peradilan Elektronik (eCourt) dan Elektronik Berkas Pidana Terpadu (e-Berpadu).

Dalam kegiatan On The Spot Judicial Monitoring (OTSJM) Mahasiswa Fakultas Hukum UGM nantinya akan dibagi menjadi kelompok-kelompok yang akan dibimbing oleh hakim pembimbing yang ditunjuk. Pada kegiatan On The Spot Judicial Monitoring (OTSJM) Mahasiswa Fakultas Hukum UGM dan Mahasiswa Magang Fakultas Hukum UII, Hakim Pejabat Humas Pengadilan Negeri Yogyakarta, Tri Asnuri Herkutanto, S.H., M.H. memberikan paparan singkat mengenai profil pengadilan dan struktur organisasi Pengadilan Negeri Yogyakarta untuk memberikan gambaran awal mengenai struktur, tugas dan fungsi masing-masing bagian di pengadilan.

Dihadapan para mahasiswa fakultas Hukum UGM dan UII, Pejabat Humas juga menyampaikan sosialisasi terkait Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang telah diterapkan di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Hal ini untuk menegaskan bahwa di Pengadilan Negeri Yogyakarta bebas atau tidak ada praktek-praktek menyimpang dalam berbagai layanan peradilan maupun perkara. Nantinya para mahasiswa On The Spot Judicial Monitoring (OTSJM) Mahasiswa Fakultas Hukum UGM dan Mahasiswa Magang Fakultas Hukum UII akan diperbolehkan mengikuti kegiatan persidangan yang sifatnya terbuka untuk umum baik perkara perdata dan pidana, dan apabila ada persidangan yang sifatnya tertutup untuk dapat mengikuti, wajib bagi mahasiswa untuk meminta ijin kepada Majelis hakim sebelum mengikuti persidangan. Kegiatan On The Spot Judicial Monitoring (OTSJM) Mahasiswa Fakultas Hukum UGM dan Mahasiswa Magang Fakultas Hukum UII diakhiri dengan sesi foto bersama.