HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Kegiatan Launching Aplikasi SATU JARI secara Virtual

on Jumat, 18 Agustus 2023. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Kegiatan Launching Aplikasi SATU JARI secara Virtual

Jumat, 18 Agustus 2023, pukul 10.00 WIB bertempat di Ruang Command Center, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi diampingi Wakil Ketua Pengadilan, Hakim, Sekretaris, Plt. Panitera, Para Panitera Muda dan Kepala Sub Bagian mengikuti kegiatan kunjungan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI ke Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI secara virtual melalui Zoom Meeting. Kegiatan kunjungan diikuti oleh seluruh Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada lingkungan Peradilan Umum secara virtual. Dalam kunjungan ini, Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. didampingi Yang Mulia Wakil Ketua Mahkamah Agung RI bidang Yudisial, Dr. Sunarto, S.H., M.H., Ketua Kamar Pembinaan, Prof. Dr. Takdir Rahmadi, SH., LLM.

Agenda kunjungan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI dalam rangka untuk mengetahui lebih lanjut dan meninjau kesiapan Aplikasi Sistem Pemantauan Kinerja Pengadilan Terintegrasi (SATU JARI) sebelum diresmikan (launching) pada kegiatan siang harinya. Aplikasi SATU JARI merupakan aplikasi inovasi besutan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum yang digunakan untuk memonitoring dan mengumpulkan data dari pengadilan tingkat pertama dan pengadilan tingkat banding yang dilakukan secara real time. Pada kesempatan tersebut Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto S.H, M.H. menjelaskan dan mendemonstrasikan berbagai fitur aplikasi kepada para pimpinan Mahkamah Agung RI yang hadir.

Aplikasi SATU JARI yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum memiliki berbagai fitur seperti monitoring dan evaluasi terhadap Perkara peradilan umum, pelaksanaan eksekusi, realisasi anggaran, Barang Milik Negara, peta dan profil Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri, data pegawai, data Kepaniteraan (Upaya hukum, mediasi, klasifikasi perkara dan eksekusi, survey pelayanan (SPAK dan SKM), informasi perkara yang menarik perhatian publik dan data tenaga teknis. Pada aplikasi SATU JARI  juga terdapat menu Kinerja Hakim yang berisi data lengkap riwayat berupa profil, riwayat pekerjaan, penyelesaian perkara, mediasi, elitigasi, majelis hakim dan status putusan Hakim Pengadilan Tinggi, Hakim Pengadilan Negeri dan Hakim Yustisial yang dapat dimanfaatkan para pimpinan Mahkamah Agung RI dalam menentukan promosi dan mutasi para hakim di pengadilan).

Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI didampingi Yang Mulia Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Ketua Kamar Pembinaan pada kesempatan ini langsung melakukan uji coba pemantauan pengadilan melalui aplikasi SATU JARI dengan melihat kinerja salah satu pengadilan dan kemudian berdiskusi secara langsung dengan pengadilan tersebut. Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI dan para Pimpinan Mahkamah Agung RI mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum dengan memanfaatkan Teknologi Informasi meluncurkan Aplikasi Sistem Pemantauan Kinerja Pengadilan Terintegrasi (SATU JARI) untuk memantau Kinerja Pengadilan secara real time.