HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Pembinaan Teknis dan Administrasi Peradilan

on Selasa, 29 Agustus 2023. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Pembinaan Teknis dan Administrasi Peradilan

Selasa, 29 Agustus 2023, sesuai surat undangan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial nomor 28/WKMA.Y/VIII/2023 tanggal 22 Agustus 2023, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. didampingi Hakim, Sekretaris dan Plt. Panitera mengikuti Pembinaan Teknis dan Administrasi Peradilan secara virtual melalui zoom meeting. Kegiatan yang diselenggarakan  di Hotel Galaxy Banjarmasin selama 2 hari pada tanggal 28 -29 Agustus 2023 dilaksanakan secara luring (offline) dan daring (online). Secara luring kegiatan diikuti oleh seluruh Ketua/Wakil Ketua/Panitera/Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding, Pengadilan Tingkat Pertama pada lingkungan peradilan Umum, Agama dan Tata Usaha Negara di Provinsi Kalimantan Selatan dan secara daring diikuti oleh Ketua/Wakil Ketua/Panitera/Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada Empat Lingkungan Peradilan seluruh Indonesia.

Kegiatan pembinaan teknis diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Hymne Mahkamah Agung RI dan dilanjukan dengan laporan pelaksanaan kegiatan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin, Dr. H. Gusrizal, S.H., M.Hum.. Kegiatan pembinaan teknis dan administrasi yudisial dibuka secara langsung oleh  YM Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H.. Dalam pembinaan dan arahannya Ketua Mahkamah Agung RI menyampaikan beberapa hal pokok yaitu pertama terkait  Pemeriksaan Perkara Praperadilan; kedua terkait perhitungan nilai kerugian negara; ketiga terkait proses upaya hukum kasasi dan PK secara elektronik; keempat terkait implementasi panggilan dan pemberitahuan menggunakan surat tercatat yang telah ditindakanjuti kerjasama dengan PT POS; kelima terkait 5 Aplikasi baru (Smart Majelis, Court Live Streaming, Aplikasi Sistem Pemantauan Kinerja Pengadilan Terintegrasi/Satu Jari, Aplikasi Layanan Terpadu versi 2.0/Lentera, Aplikasi Elektronik Integrated Planning System/E-Iplans) yang telah dirilis pada HUT MA RI ke-78; keenam terkait penguatan sistem pengawasan.

YM. Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Yudisial selaku Plt. YM. Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial, Dr. Sunarto, SH., MH., dalam kegiatan pembinaan turut menyampaikan arahan dalam bidang Non Yudisial dan Yudisial. Pada Bidang non Yudisial penyampaian terkait capaian realisasi anggaran, terkait surat Kementerian Keuangan nomor S-700/MK.02/2023 tanggal 27 Agustus 2023 tentang jaminan kesehatan bagi Hakim tingkat banding dan tingkat pertama, terkait usulan kenaikan kelas pengadilan dan pembentukan pengadilan tahun 2023 serta fokus pelaksanaan belanja modal fisik tahun 2023, terkait SDM Mahkamah Agung & Badan Peradilan di bawahnya, terkait pemberlakukan Tata Naskah Dinas Mahkamah Agung RI. Kemudian pada Bidang Yudisial menyampaikan terkait Surat Kuasa dalam Perkara Peninjauan Kembali agar menjadi perhatian, terkait pengajuan Novum saksi dalam perkara pidana, terkait perbedaan pemahaman mengenai bukti kepemilikan dalam sengketa tanah, terkait pemahaman jangka waktu pendaftaran kasasi dan peninjauan kembali jika batas akhir pada hari libur, terkait keterbatasan SDM dan penguasaan Teknologi dalam penyelesaian perkara. Dalam kegiatan Pembinaan Teknis dan Administrasi Peradilan masing-masing Ketua Kamar Mahkamah Agung RI juga menyampaikan pembinaan dan pengarahan.

Pada hari kedua kegiatan Pembinaan Teknis dan Administrasi Peradilan diawali dengan review materi pembinaan terkait proses penegakan hukum Tindak Pidana Pemilu oleh YM Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung RI, Dr. H. Suhadi,S.H., M.H. karena mendekati tahun pemilu 2024 dan dilanjutkan penyampaian pembinaan oleh Pejabat eselon 1 Mahkamah Agung RI. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.H., M.H. menjelaskan dalam upaya peningkatan kinerja dan penguatan integritas Aparatur Peradilan dalam mewujudkan pelayanan prima Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum telah merilis Aplikasi Sistem Pemantauan Kinerja Pengadilan Terintegrasi (SATU JARI) pada HUT Mahkamah Agung Ri ke-78. Aplikasi Satu Jari berfungsi untuk melakukan pemantauan kinerja pada satuan kerja pengadilan di seluruh Indonesia secara terintegrasi dan real time terhadap penanganan perkara, sumber daya manusia, realisasi anggaran, dan informasi yang menarik perhatian masyarakat. Selanjutnya dalam penyampaian pembinaan oleh Badan Pengawasan MA RI, Kepala Badan Pengawasan, Sugiyanto, S.H., M.H. menekankan Integritas, Pengawasan Aparatur Pengadilan dan berpesan sekaligus mengingatkan agar dalam berbagai kegiatan seperti pelantikan, penyambutan tidak bermewah-mewah/berlebihan.

Dengan selesainya penyampaian pengarahan dan pembinaan oleh Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI maka seluruh rangkaian acara kegiatan Pembinaan Teknis dan Administrasi Peradilan bagi seluruh jajaran empat lingkungan peradilan di seluruh Indonesia baik yang hadir secara langsung maupun secara virtual berakhir.