HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Diseminasi Studi Pemulihan Hak Korban Tindak Pidana Korupsi

on Selasa, 27 Juli 2021. Posted in Berita Terkini

Diseminasi Studi Pemulihan Hak Korban Tindak Pidana Korupsi
Selasa 27 Juli 2021 Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Dr. Frida Ariyani S.H.,M.Hum. mengikuti kegiatan Diseminasi Studi Pemulihan Hak Korban Tindak Pidana Korupsi dengan studi kasus Tindak Pidana Korupsi Bantuan Sosial (Bansos) untuk penanganan Covid-19 sesuai dengan Surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi RI Nomor: UND/822/PJK.02.00/30-33/07/2021 tanggal 5 Juli 2021. Ketua Pengadilan mengikuti kegiatan sebagai peserta dan didampingi oleh Wakil Ketua serta perwakilan Hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta.
 
 
 
Kegiatan dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan dilakukan di Ruang Command Center Pengadilan Negeri Yogyakarta pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini membahas Studi mengenai Pemulihan Korban Tindak Pidana Korupsi. Studi ini disusun oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Direktorat Pembinaan Jaringan Kerja Antar Komisi dan Instansi (PJKAKI) bekerja sama dengan tim Biro Hukum Pada tahun 2020.
Studi tersebut bertujuan untuk mendalami konsep ganti kerugian dalam peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dalam rangka pemulihan korban tindak pidana korupsi, dengan menjabarkan praktik terbaik pemulihan korban di Negara lain serta memberikan rekomendasi terhadap mekanisme pemulihan korban tindak pidana korupsi agar berjalan secara optimal.
 
Diseminasi Studi Pemulihan Hak Korban Tindak Pidana Korupsi dengan studi kasus Tindak Pidana Korupsi Bantuan Sosial (Bansos) untuk penanganan COVID-19. Pengangkatan Studi kasus bansos ini berdasarkan kasus dugaan suap bansos Covid-19 oleh KPK dan permintaan ganti rugi dari korban kasus dugaan korupsi pengadaan bansos Kementrian Sosial dengan mengajukan gabungan perkara gugatan pada Juliari Peter Batubara (mantan Menteri Sosial) karena telah memberikan bansos tidak layak.  Diseminasi ini membedah bagaimana mekanisme pemulihan hak korban tindak pidana korupsi, prospeknya dalam pemulihan hak korban korupsi bansos dan implementasinya pada kasus korupsi lainnya. (/PTIP)