HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Panitera Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Acara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2021

on Senin, 16 Agustus 2021. Posted in Berita Terkini

 

Panitera Pengadilan Negeri Yogyakarta, Abdulkadir Rumodar, SH menghadiri acara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2021 hari Senin (16/8) di Grha Pandawa Balaikota Yogyakarta. Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ini menjadi   tahun ke dua yang dilaksanakan dalam kondisi pandemi. Meskipun sama, nantinya sebanyak 38 siswa-siswi siap mengibarkan bendera Sang Merah Putih pada upacara peringatan HUT Ke-76 RI.

 '' Di tahun ini pendaftar Paskibraka sendiri mencapai 300 pendaftar. Namun yang terseleksi sebanyak 46 siswa dan siswi. Untuk 4 pasang paskibraka atau 8 siswa siswi nantinya akan kita kirim ke tingkat Provinsi untuk menjadi Paskibraka tingkat D.I Yogyakarta, maka untuk Kota Yogyakarta sendiri 38 siswa dan siswi yang akan bertugas esok hari," Kata Kapala Seksi Pembinaan Kepemudaan, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Husni Eko Prabowo.

 Dikutip dari website Pemrintah Kota Yogyakarta, Husni Eko Prabowo  menjelaskan, siswa dan siswi yang sudah dikukuhkan menjadi Paskibraka ini mulai 10-19 Agustus 2021 memasuki fase karantina di Asrama Wisma Sargede. '' Nantinya pelaksanaan pengibaran bendera akan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB pagi. Selanjutnya untuk pelaksanaan penurunan bendera akan dilaksanakan pada pukul 17.00 WIB. ''Semua peserta yang tergabung dalam paskibraka ini sudah melalui seleksi dan terpilih dari siswa dan siswi SMA/SMK/Madrasah yang nantinya akan bertugas sebagai Paskibraka Pemerintah Kota Yogyakarta tahun 2021," jelasnya.

 Namun pada tahun ini adanya keterbatasan anggota maka masing-masing sekolah hanya bisa mendaftarkan siswa dan siswinya lima pasang saja disetiap sekolah dalam mengikuti Paskibraka 2021.

 " Untuk pengibaran dan penurunan bendera pada 17 Agustus nanti, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta yang biasanya memberi kesempatan kepada orang tua paskibraka, kepala sekolah dan tamu undangan pada saat upacara itu tidak kita undang secara langsung tetapi tetap kita beri undangan namun kesempatan untuk dapat melihat langsung hanya bisa dilihat secara streaming di Youtube Pemkot Yogyakarta,"  ujarnya.

 Ia berharap dengan semangat 17 Agustus 1945 dengan adanya kondisi pandemi saat ini siswa dan siswi paskibraka yang terpilih tetap memiliki semangat baik untuk peserta maupun warga yang melihat secara daring. '' Semoga semangat adik-adik untuk menjiwai kemerdekaan ini akan tetap tersampaikan lebih dalam, terlebih untuk mencinta bangsa negara dan tanah air Indonesia," ujarnya.

 Sementara itu, Pelatih dan Pembimbing Paskibraka 2021, Kapten Inf Kusbandono mengatakan, kesiapan peserta paskibraka sudah 98 persen, tinggal melewati tahap akhir yakni pelaksanaan pengibaran bendera. " Untuk kesiapannya sampai saat ini tahap pelaksanaan sudah 98 persen, tinggal apapun hasilnya kita sudah melewati pelatihan tahap satu dan dua yang sudah dilaksanakan  selama 30 hari. Pelatihnya sendiri dibantu oleh Pelatih dari TNI, POLRI, Angkatan Darat, Angkatan Laut, Ankatan Udara dan juga di bantu adik-adik Purna Paskibraka Indonesia (PPI)," jelasnya.

 Kusbandono menjelaskan, untuk tahap satu peserta paskibraka berfokus pada teknis baris berbaris dan di tahap kedua para peserta dijadikan satu bersama pasukan TNI untuk menyeimbangkan formasi-formasi dalam mengibarkan bendera merah putih. '' Sampai saat ini kondisinya semua peserta sehat dan adik-adik sudah siap melaksanakan tugas pengibaran maupun penurunan bendera. Mudah-mudahan bisa terlaksana sampai akhir dan selesai dengan lancar,  serta tidak ada kesulitan dan kendala yang tidak kita inginkan," ungkapnya. (ptip)

 

 

 

Penilaian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Tahun 2021

on Jumat, 13 Agustus 2021. Posted in Berita Terkini

Penilaian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Tahun 2021
Dalam rangka mengikuti Lomba Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan menjamin kualitas Manajemen Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu (APM), tim dari Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia melakukan kunjungan langsung untuk melaksanakan Penilaian PTSP dan Assessment Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Yogyakarta, sesuai dengan Surat Tugas Dirjen Badilum Nomor 155/DJU3/ST/KP0.1.1/8/2021 tanggal 5 Agustus 2021. Pengadilan Negeri Yogyakarta mendapat jadwal pada tanggal 13 Agustus 2021. Kegiatan dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana kesiapan menuju Lomba PTSP dan mengukur sejauh mana komitmen dan konsistensi seluruh Hakim dan ASN Pengadilan Negeri Yogyakarta dalam mempertahankan mutu / kualitas manajemen sistem yang telah berjalan di Pengadilan Negeri Yogyakarta.
 
 
Tim Surveillance APM dari Badilum hadir di Pengadilan Negeri Yogyakarta pukul 10.30 WIB. Setibanya tim di kantor Pengadilan Negeri Yogyakarta, tim disambut oleh Ibu Bariyah dari Satuan Pengamanan Pengadilan Negeri Yogyakarta. Tim Surveillance kemudian diwajibkan mencuci tangan dan diukur suhu badan serta dimintai dokumen hasil Swab Test Antigen sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid-19. Tim kemudian disambut langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Dr. Frida Ariyani, S.H.,M.Hum. dan juga Wakil Ketua, Hakim Pengawas Bidang PTSP serta Panitera di Ruang Lobby PTSP Pengadilan Negeri Yogyakarta.
 
Adapun Tim Assesor dari Badan Peradilan Umum (BADILUM) yang tiba untuk melakukan Surveillance ke Pengadilan Negeri Yogyakarta terdiri dari :
 
1. Achmad Basyari, S.E, selaku Kepala Seksi Pelayanan Peradilan
2. Ida Bagus Swardana Putra, S.Kom, S.H. selaku Kepala Seksi Statistik
3. Aditya Widyartadi, S.Kom.selaku Seksi Dokumentasi Wilayah Hukum
4. Agustinus Evan Bangun Merdhiko, S.Kom. selaku Seksi Monitoring dan Evaluasi
 
 
Sebelum Surveillance dilaksanakan, terlebih dahulu digelar Opening Meeting yang diikuti oleh Pimpinan, Hakim Pengawas Bidang, Panitera, plh Sekretaris, Panitera Muda dan Kasubag Pengadilan Negeri Yogyakarta serta tim Surveillance Badilum. Opening Meeting dilakukan di Ruang Rapat Pengadilan Negeri Yogyakarta. Opening Meeting dimulai dengan pembukaan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung, pembacaan do’a, sambutan Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, sambutan Tim Surveillance serta melafalkan yel-yel Pengadilan Negeri Yogyakarta. Setelah selesai Opening Meeting, Tim Surveillance segera melakukan proses Assessment Surveillance dengan membagi tim. Metode Assessment Surveillance yang dilakukan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan telusur dokumen.
 
 
Setelah proses Assessment selesai, kegiatan dilanjutkan dengan Closing Meeting oleh Tim Surveillance Badan Peradilan Umum (Badilum). Closing Meeting dilakukan di Ruang Rapat Pengadilan Negeri Yogyakarta. Closing Meeting dimulai dengan penyampaian hasil temuan dari Tim dilanjutkan pengarahan Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, melafalkan yel-yel, menyayikan Lagu Bagimu Negeri dan penutup. Penutupan rangkaian Penilaian PTSP dan Surveillance APM ditandai dengan penyerahan dokumen penilaian dan hasil temuan dari Tim Surveillance kepada Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta