HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Kegiatan Pengadilan

Pembinaan, Koordinasi, dan Monev PPNPN PN Yogyakarta

on Selasa, 27 Jun 2023. Posted in Kegiatan Pengadilan

Pembinaan, Koordinasi, dan Monev PPNPN PN Yogyakarta

Selasa, 27 Juni 2023, pukul 08.00 WIB bertempat di ruang sidang utama/Aula Pengadilan Negeri Yogyakarta telah dilaksanakan kegiatan pembinaan, koordinasi  dan monitoring evaluasi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) menjelang libur panjang Hari Raya Idul Adha Tahun 2023. Kegiatan pembinaan dan monitoring evaluasi dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Mujiono, S.H., M.H. didampingi Sekretaris, Kepala Sub Bagian Umum Keuangan dan Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana. Wakil Ketua Pengadilan Negeri dalam pembinaan dan arahannya mengucapkan terima kasih atas kinerja melaksanakan tugas kebersihan, keamanan, pelayanan administrasi dan pelayanan pada persidangan.

Pada kesempatan pembinaan dan monitoring evaluasi, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta menegaskan kepada seluruh tenaga PPNPN untuk tetap  bekerja dengan baik, selalu jujur, tulus, ikhlas dan bekerja dengan niat ibadah mencari kebaikan dan ridho Tuhan. Selanjutnya Sekretaris dalam pembinaannya, berpesan kepada tenaga PPNPN khususnya kepada satuan pengamanan dalam rangka menjelang libur hari raya Idul Adha untuk tetap melaksanakan tugas dan tetap berkoordinasi dengan pimpinan dan memastikan perangkat keamanan berfungsi dengan baik. Selain itu juga mengontrol dan memastikan peralatan listrik di ruangan-ruangan sudah tercabut sebagai langkah antisipasi menjelang libur panjang hari raya Idul Adha.

Sekretaris  berpesan kepada Satuan Pengamanan yang berjaga di gedung Tipikor untuk mengamankan atau mensterilkan halaman gedung dari anak-anak yang bermain saat jam kerja. Sekretaris juga berpesan untuk cek list kebersihan selalu diperbaharui datanya dan ketika sudah diisi agar langsung disimpan datanya dan diarsipkan. Kepala Sub Bagian Umum Keuangan selaku pimpinan/atasan langsung PPNPN juga menyampaikan arahan agar memastikan seluruh ruangan selama libur hari raya Idul Adha dalam keadaan terkunci, memastikan bahan bakar genset tersedia untuk antisipasi apabila terjadi listrik padam karena server harus tetap menyala, serta memastikan satuan pengamanan mengerti dan memahami letak dan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sesuai SOP untuk antisipasi terjadinya musibah konsleting listrik atau kebakaran.

Kasubag Umum dan Keuangan juga menyampaikan bahwa pada hari Raya Idul Adha nanti, gedung Tipikor akan digunakan oleh rakyat sekita masjid Al-Mahkamah untuk dijadikan tempat pemotongan hewan qurban, dimohon untuk Satuan Pengamanan yang berjaga pada hari tersebut untuk menjaga keamanan dan ketertiban saat pemotongan hewan qurban tersebut. Setelah itu Kasubag Umum dan Keuangan juga menyampaikan untuk petugas jaga sidang untuk siap bekerja pada jam 8 pagi atau sebelum persidangan dimulai, dan ketika jam istirahat, dimohon untuk beristirahat secara bergantian. Di akhir kegiatan pembinaan, koordinasi dan monitoring evaluasi, Sekretaris menyampaikan bahwa kinerja yang baik itu bisa dilihat dari pelayanan  yang berjalan dengan lancar, baik dan bagus.

Rapat Pembinaan dan Monev Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta Bulan Juni 2023

on Senin, 26 Jun 2023. Posted in Kegiatan Pengadilan

Rapat Pembinaan dan Monev Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta Bulan Juni 2023

Senin, 26 Juni 2023, pukul 10.30 WIB bertempat di Ruang Sidang Utama/Aula Pengadilan telah dilaksanakan Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta bulan Juni tahun 2023. Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. didampingi Wakil Ketua Pengadilan memimpin rapat tersebut. Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Hymne Mahkamah Agung RI, yang kemudian dilanjutkan pengucapan Tri Prasetya Hakim oleh perwakilan Hakim, Pengucapan 8 nilai utama Mahkamah Agung RI dan pengucapan BerAkhklak Core Values ASN.

Agenda pertemuan yang pertama yaitu pembinaan oleh Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta. Dalam pembinaannya Ketua Pengadilan negeri menyampaikan kepada seluruh Hakim dan Aparatur Pengadilan Negeri Yogyakarta tentang berbagai hal diantaranya:  Pelaksanaan monitoring evaluasi kinerja bulan Mei 2023 membahas capaian kinerja bulan Mei 2023 hingga waktu pelaksanaan rapat pembinaan dan monitoring evaluasi; Mengingatkan dan menegaskan kembali untuk mentaati terkait PERMA 7, 8, tahun 2016 tentang penegakan disiplin, pembinaan atasan, dan pedoman penanganan pengaduan; terkait sudah berjalannya Sistem Manajemen Anti Penyuapan di Pengadilan Negeri Yogyakarta, agar seluruh Hakim dan ASN senantiasan menjaga integritas baik di dalam lingkungan kantor Pengadilan maupun di luar; Ketua Pengadilan menyampaikan bahwa Pengadilan Negeri Yogyakarta mendapatkan permintaan sebagain narasumber pada FGD bersama Puslitbang Kumdil Mahkamah Agung RI; Ketua Pengadilan menyampaikan bahwa beberapa Hakim yang mendapatkan diklat dan sosialisasi agar menyampaikan materi tersebut dalam rapat, khususnya pada rapat monev kinerja bulanan; Ketua Pengadilan menghimbau agar Hakim, Panitera Pengganti dan Juru Sita untuk membuat akun pada aplikasi e-Berpadu; Ketua Pengadilan berterima kasih dan sangat mengapresiasi kepada seluruh pegawai Pengadilan atas tugas kedinasan dan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Pengadilan Tinggi Yogyakarta yang sudah dilakukan; Ketua Pengadilan berpesan agar penetapan hari atau jadwal sidang menyesuaikan dengan tanggal Cuti Bersama Hari Raya Idul Adha Tahun 2023.

Selanjutnya pada penyampaian Laporan Koordinator Pengawas Bidang oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Mujiono, S.H., M.H. menyampaikan dan menegaskan beberapa hal diantaranya: Terkait ijin keluar kantor pegawai menggunakan surat ijin, ketertiban harus dijaga dan dipelihara serta ditingkatkan; terkait ketertiban dalam pengisian SIPP yang berpengaruh pada nilai EIS; Terkait kunjungan Pengadilan Tinggi Yogyakarta pada Jumat 23 Juni 2023; mengingatkan agar selalu menjaga marwah dan nama baik pribadi dan Pengadilan Negeri Yogyakarta; mengingatkan agar selalu menjaga kode etik, bekerja dengan sungguh-sungguh, ikhlas dan tulus.

Pada laporan kepaniteraan, Panitera menyampaikan kepada jajarannya agar tertib dalam pengisian SIPP, tetap menjaga kedisiplinan dan integritas dalam bekerja. Panitera juga menyampaikan laporan keuangan IPASPI. Kemudian pada laporan kesekretariatan, Sekretaris menyampaikan terkait kinerja Kesekretariatan dapat dinilai antara lain dari semua pendukung Tupoksi Hakim dan ASN sudah terlaksana dengan baik. Sekretaris juga menyampaikan TLHP  Pengadilan Tinggi Yogyakarta sudah dikirim dari tanggal 23 Juni 2023. Setelah itu Sekretaris juga menyampaikan untuk seluruh Hakim dan ASN mengisi e-Kinerja Triwulan II yang mana paling lambat pada tanggal 5 Juli 2023.

Setelah penyampaian laporan Kepaniteraan dan kesekretariatan dilanjutkan dengan pengumuman best performance Petugas PTSP bulan Mei 2023. Tim Penilai Petugas PTSP, Heri Kurniawan, S.H, M.H. menyampaikan penilaian tertinggi bulan Mei 2023 yang diperoleh oleh Staf Kepaniteraan Muda Hukum, Nadya Maulani Melyana, A.Md.A.P. Setelah pengumuman best performance Petugas PTSP bulan Mei 2023 , Ketua Pengadilan didampingi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta menyerahkan Piagam penghargaan best performance Petugas PTSP yang dilanjutkan foto bersama. Dengan selesainya penyerahan piagam penghargaan maka  seluruh rangkaian acara kegiatan rapat Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta bulan Juni tahun 2023 berakhir.