HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Kegiatan Pengadilan

Closing Meeting APM & Rapat Monev Kinerja Bulan Januari 2023

on Selasa, 31 Januari 2023. Posted in Kegiatan Pengadilan

Closing Meeting APM & Rapat Monev Kinerja Bulan Januari 2023

Selasa, 31 Januari 2023, pukul 08.30 WIB bertempat di Ruang Sidang Utama/Aula Pengadilan telah dilaksanakan Closing Meeting Asesment Internal Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Pengadilan Negeri Yogyakarta dan Kegiatan Rapat Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta bulan Januari tahun 2023. Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. didampingi Wakil Ketua Pengadilan dan Ketua Tim Asesment Internal Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) memimpin rapat pertemuan tersebut. Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Hymne Mahkamah Agung RI, yang kemudian dilanjutkan pengucapan Tri Prasetya Hakim oleh perwakilan hakim, Pengucapan 8 nilai utama Mahkamah Agung RI dan Yel-Yel yang diikuti oleh semua yang hadir dan pengucapan BerAkhklak Core Values ASN.

Pada agenda pertemuan yang pertama yaitu pelaksanaan Closing Meeting Asesment Internal Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Pengadilan Negeri Yogyakarta, Ketua Tim Asesment Internal, Agnes Heni Nugraheni, S.H., M.H. menyampaikan hasil pelaksanaan Asesment Internal yang telah dilaksanakan oleh para Asesor pada tanggal 24 s.d. 27 Januari 2023 di setiap bagian. Ketua Tim Asesment Internal menyampaikan untuk tindak lanjut hasil temuan sesuai jadwal akan dilaksanakan mulai tanggal 1 s/d 21 Februari 2023. Pada kesempatan ini, Wakil Ketua Pengadilan selaku Quality Manajemen Representative (QMR) menyampaikan bahwa temuan-temuan hasil Asesment Internal masuk dalam temuan minor dan akan segera ditindaklanjuti sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Ketua Pengadilan selaku Top Manajemen dalam arahannya menyampaikan bahwa temuan pada setiap bagian agar diselesaikan dan untuk bagian yang tidak ditemukan adanya temuan agar selalu dijaga dan diperbaharui/diupdate datanya. Ketua Pengadilan selaku Top Manajemen menutup pelaksanaan Asesment Internal  Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Pengadilan Negeri Yogyakarta secara resmi dan secara simbolis ditandai dengan penyerahan dokumen hasil temuan Asesment Internal oleh Ketua Tim Asesment Internal kepada Wakil Ketua Pengadilan selaku Quality Manajemen Representative (QMR) yang dilanjutkan dengan penyerahan dokumen tersebut kepada Ketua Pengadilan selaku Top Manajemen.

Pada agenda selanjutnya, dilaksanakan kegiatan rapat Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta bulan Januari tahun 2023. Ketua Pengadilan Negeri dalam pembinaan dan arahannya menyampaikan berbagai hal diantaranya harapan kepada seluruh warga Pengadilan Negeri Yogyakarta bahwa setelah pelaksanaan kegiatan di Wisdom Park semangat dan kedisiplinan dapat ditingkatkan sehingga capaian di tahun 2023 mendapat hasil yang lebih baik; Kode Etik dan core value ASN ber-AKHLAK harus menjadi pegangan dan diterapkan sehingga menciptakan sistem yang baik; Penegasan dan penyampaian kembali kepada seluruh Hakim dan Aparatur Pengadilan Negeri Yogyakarta terkait penerapan Peraturan Mahkamah Agung nomor 7, 8, 9 tahun 2016 dan Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI nomor 1 tahun 2017 yang harus terus dilaksanakan secara berkelanjutan; Pelaksanaan monitoring evaluasi SIPP berkaitan dengan relas panggilan perkara perdata melalui Pos Indonesia sesuai Peraturan Mahkamah Agung Nomor 7 Tahun 2022 menunggu arahan lebih lanjut dari Pengadilan Tinggi Yogyakarta agar terjadi keseragaman Pengadilan Tingkat Pertama di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Yogyakarta.

Diakhir pembinaannya Ketua Pengadilan juga mengingatkan bahwa Pengadilan Negeri Yogyakarta sebagai rintisan pengadilan pendidikan yang dijadikan rujukan penelitian bagi mahasiswa dari berbagai universitas maka diharapkan ketelitian dan keakuratan putusan pengadilan para hakim. Kemudian dalam rapat monitoring dan evaluasi kinerja, Wakil Ketua Pengadilan selaku Koordinator Pengawasan dan Kedisiplinan juga menyampaikan berbagai hal diantaranya laporan pelaksanaan monitoring evaluasi pengawasan yang telah dilaksanakan (Monitoring Sakti, Aplikasi SMART Kemenkeu, Aplikasi eMonev Bappenas, Dokumen Kontrol) kepada Ketua Pengadilan; terkait pelaksanaan kedisiplinan pegawai; terkait pelaksanaan monitoring evaluasi SOP secara berkala dan pelaksanaan akurasi data SIPP; terkait penyampaian temuan laporan pengawasan bidang oleh Hakim Pengawas Bidang; terkait jadwal pelaksanaan pengawasan bidang, penyampaian laporan, pelaksanaan rapat berjenjang Kepaniteraan dan Kesekretariatan dan laporan tindak lanjut hasil pengawasan bidang.

Pada agenda rapat monitoring evaluasi kinerja bulan Januari 2023 ini juga dilaksanakan pengumuman best performance Petugas PTSP bulan Desember 2022. Ketua Tim Penilai best performance petugas PTSP, Agnes Heni Nugraheni, S.H., M.H. membacakan hasil penilaian tertinggi bulan Desember yang diperoleh oleh Jurusita/staf Kepaniteraan Muda Tipikor, Nurmaya Rezeky A.R., S.H. Dengan pengumuman best performance Petugas PTSP bulan Desember 2022 maka berakhir pula seluruh rangkaian acara kegiatan Closing Meeting Asesment Internal Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Pengadilan Negeri Yogyakarta dan Rapat Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta bulan Januari tahun 2023.

Rapat Verifikasi Temuan Hasil Assessment Internal Pengadilan Negeri Yogyakarta

on Senin, 30 Januari 2023. Posted in Kegiatan Pengadilan

Rapat Verifikasi Temuan Hasil Assessment Internal Pengadilan Negeri Yogyakarta

Senin, 30 Januari 2023, pukul 09.00 WIB bertempat di ruang Command Center, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H., selaku Top Manajemen Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) didampingi Wakil Ketua Pengadilan selaku Quality Manajement Representative (QMR) memimpin langsung rapat verifikasi temuan hasil asesmen internal. Rapat diikuti oleh Ketua Tim Asesor (Lead Asesor), para Hakim selaku Asesor, Panitera dan Sekretaris.

Rapat dilaksanakan untuk memverifikasi temuan-temuan hasil asesmen internal oleh Asesor di setiap bagian yang telah dilaksanakan pada tanggal 24 s.d. 27 Januar 2023. Dalam rapat tersebut Ketua Pengadilan Negeri selaku Top Manajemen menyampaikan kepada para Asesor agar menyelesaikan laporan asesmen internal bagian-bagian yang telah dilaksanakan sebelum pelaksanaan Closing Meeting Assesment Internal Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) yang direncanakan akan diselenggarakan pada hari selasa 31 Januari 2023.