HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Permohonan Informasi Wartawan TVRI ke Pengadilan Negeri Yogyakarta

on Selasa, 15 Agustus 2023. Posted in Berita Terkini

Permohonan Informasi Wartawan TVRI ke Pengadilan Negeri Yogyakarta

Selasa, 15 Agustus 2023 pukul 11.00 WIB bertempat di Ruang Tamu Terbuka, Hakim Juru Bicara/ Humas Pengadilan Negeri Yogyakarta, Tri Asnuri Herkutanto, S.H., M.H. menerima kunjungan wartawan TVRI. Maksud dan tujuan kedatangan tersebut dalam rangka memperoleh informasi terkait sidang perkara gugatan untuk keperluan liputan berita TVRI.

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Monev Kelengkapan Berkas Perkara ke Mahkamah Agung RI

on Jumat, 11 Agustus 2023. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Monev Kelengkapan Berkas Perkara ke Mahkamah Agung RI

Jumat, 11 Agustus 2023, pukul 08.00 WIB, Kepaniteraan Mahkamah Agung RI menyelenggarakan kegiatan monitoring evaluasi kelengkapan berkas perkara ke Mahkamah Agung RI di Ruang Sidang Utama/Aula Pengadilan Negeri Yogyakarta. Dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Mujiono, S.H., M.H. didampingi Hakim Pengawas Bidang, Plt. Panitera, Sekretaris, Panitera Muda, Kepala Sub Bagian menerima kunjungan dan turut mendampingi Tim Kepaniteraan Mahkamah Agung RI yang terdiri dari Sekretaris Kepaniteraan, Panitera Muda Perkara Perdata, Hakim Tinggi Pemilah Perkara Panitera Muda Pidana dan jajaran serta Staf.

Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Tim Kepaniteraan Mahkamah Agung RI yang hadir dan berterima kasih telah memercayakan pelaksanaan kegiatan monitoring evaluasi di Pengadilan Negeri Yogyakarta serta berharap dengan pelaksanaan kegiatan memberikan pemahaman yang sama dalam proses pemberkasan perkara upaya hukum ke Mahakmah Agung RI. Pada kegiatan monitoring evaluasi kelengkapan berkas perkara yang dibuka oleh Sekretaris Kepaniteraan, Dr. H. Iyus Suryana, S.H., M.H. turut mengundang pula Panitera dan Panitera Muda dari Pengadilan Negeri Wates, Pengadilan Negeri Bantul dan Pengadilan Negeri Wonosari.

Pelaksanaan kegiatan diselenggarakan sebagai tindak lanjut atas Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 243/KMA/SK/XI/2019 tanggal 27 November 2019 tentang Pelimpahan Wewenang Penerimaan dan Penelaahan Berkas Perkara Kasasi, Peninjauan Kembali, Grasi dan Hak Uji Materiil kepada Kepaniteraan Mahkamah Agung serta Surat Panitera Nomor 120/PAN/OT.01.3/10/2021 tanggal 5 Oktober 2021 tentang Penyempurnaan Prosedur Pengiriman Berkas Upaya Hukum ke Mahkamah Agung RI. Pada kegiatan monitoring evaluasi kelengkapan berkas perkara ke Mahkamah Agung RI diawali dengan pemutaran video tentang tata cara, prosedur dan alur proses pengajuan berkas upaya hukum ke Mahkamah Agung R dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Panitera Muda Pidana Kepaniteraan Mahkamah Agung RI, Ennid Hasanuddin, S.H., C.N., M.H. terkait “Problematika Kasasi dan PK di Kepaniteraan Muda Perdata MA RI”.

Tujuan pelaksanaan Kegiatan monitoring evaluasi sebagai upaya penyelarasan dan harmonisasi kelengkapan berkas perkara yang dikirimkan Pengadilan Tingkat Pertama ke Mahkamah Agung. Setelah pemaparan materi kegiatan monitoring evaluasi kelengkapan berkas perkara ke Mahkamah Agung RI dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab tentang tata cara, prosedur dan alur proses pengajuan berkas, berbagai kendala yang dihadapi dan kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama.