HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Sosialisasi SK Ketua Mahkamah Agung: Tata Naskah Dinas di Lingkungan Mahkamah Agung dan Peradilan yang Berada di Bawahnya

on Jumat, 04 Agustus 2023. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Sosialisasi SK Ketua Mahkamah Agung: Tata Naskah Dinas di Lingkungan Mahkamah Agung dan Peradilan yang Berada di Bawahnya

Jumat, 04 Agustus 2023, pukul 09.00 WIB sesuai surat undangan Plt. Sekretaris Mahkamah Agung RI nomor 1345/SEK/HK1.2.5/7/2023 tanggal 27 Juli 2023, Sekretaris, Tasiman, S.H., M.H. dan Plt. Panitera, Narti Hartati, S.H. mengikuti kegiatan sosialisasi Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung tentang Tata Naskah Dinas di lingkungan Mahkamah Agung dan Peradilan yang ada di bawahnya. Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting, dibuka secara langsung oleh YM. Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Dr. Drs. H Moch. Sukkri, S.H., M.H..

Dalam kegiatan sosialisasi, Tim Biro Perencanaan dan Organisasi dan Hakim Yustisial pada Biro Hukum dan Humas menyampaikan pemaparan pemaparan kebijakan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung  Nomor 131/KMA/SK/VII/2023 tanggal 11 Juli 2023 tentang Klasifikasi Arsip dan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip di Lingkungan Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya dan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung nomor 627/SEK/SK/VII/2023 tanggal 11 Juli 2023 tentang Klasifikasi Arsip dan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip di Lingkungan Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya. Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi tata naskah dinas adalah untuk ketertiban administrasi sehingga monitoring dan evaluasi lebih mudah, agar kepastian hukum dan penyeragaman dilingkungan Mahkamah Agung dan peradilan yang dibawahnya, pengamanan untuk mencegah penggunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Seminar Penegak Hukum Perpajakan

on Kamis, 03 Agustus 2023. Posted in Berita Terkini

Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Seminar Penegak Hukum Perpajakan

Kamis, 03 Agustus 2023, memenuhi Surat Kepala Pusdiklat Teknis Peradilan nomor 1308/Bldk.3/Dik/S/7/2023 tanggal 17 Juli 2023 tentang pemanggilan peserta Seminar Penegak Hukum Perpajakan, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. hadir sebagai peserta pada kegiatan Seminar Penegak Hukum Perpajakan. Acara kegiatan Seminar Penegak Hukum Perpajakan terselenggara atas kerjasama antara Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI dengan Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Jenderal Padak Kementerian Keuangan RI. Kegiatan yang diselenggarakan secara luring (tatap muka)  di Grand Artos Hotel dan Convention Magelang diikuti dan dihadiri oleh peserta meliputi  Hakim Tinggi, Ketua atau Wakil Pengadilan Negeri se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Yogyakarta dan Pengadilan Tinggi Semarang, Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Tengah, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditretkrimsus) Polda DIY dan Jawa Tengah.

Kegiatan Seminar Penegak Hukum Perpajakan  dibuka secara langsung oleh Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I, Ir. Max Darmawan, M.Tax. dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh YM. Ketua Pengadilan Tinggi Semarang, H. Charis Mardiyanto, S.H., M.H.  serta arahan oleh Direktur Penegakan Hukum Direktorat Jenderal pajak, Ir. Eka Sila Kusna Jaya, M.Si. dan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Peradilan Mahkamah Agung RI, Syamsul Arief, S.H., M.H.. Hadir dalam kegiatan tersebut Panitera Muda Pidana Khusus Mahkamah Agung RI, Dr. Sudharmawatiningsih, S.H., M.Hum. menyampaikan materi “Kebijakan Mahkamah Agung dalam Penanganan Perkara Tindak Pidana Perpajakan dan Tindak Pidana Pencucian Uang”.

Dalam agenda kegiatan Seminar Penegak Hukum Perpajakan juga diisi dengan sesi diskusi (FGD) yang membahas lebih dalam tentang Penanganan Perkara Tindak Pidana Perpajakan dan Pemulihan Kerugian pada Pendapatan Negara. Dengan pelaksanaan kegiatan Seminar Penegak Hukum Perpajakan diharapkan Aparatur Penegak Hukum dalam hal ini dibawah Mahkamah Agung RI mampu memahami dan mendalami perkara penegakan hukum khususnya Tindak Pidana Pajak (Tipijak) dalam upaya pemulihan kerugian pada pendapatan negara.