HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Donor Darah dalam Rangka Peringatan HUT IKAHI ke-70

on Jumat, 17 Maret 2023. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Donor Darah dalam Rangka Peringatan HUT IKAHI ke-70

Jumat, 17 Maret 2023, Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Cabang Yogyakarta bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan donor darah dalam rangka peringatan HUT IKAHI ke-70 tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 20 Maret 2023. Dalam pembukaan pelaksanaan kegiatan donor darah Kepala Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, Rony Suryandoko, S.I.P., S.H., M.Han. memberikan kata sambutan dan kemudian dilanjutkan sambutan oleh Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. selaku Penasihat IKAHI Cabang Yogyakarta.

Kegiatan donor darah dilaksanakan pukul 09.00 WIB di Ruang Sidang Utama Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta diikuti oleh partisipan dari empat lingkungan peradilan yaitu Pengadilan Negeri Yogyakarta, Pengadilan Agama Yogyakarta, Pengadilan Tata Usaha Negera Yogyakarta, Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta. Partisipan donor darah berasal dari Hakim, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di empat lingkungan peradilan yang ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Kebiasaan mendonorkan darah memiliki banyak manfaat karena dengan mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dan memproduksi ulang sel darah merah, menjaga kesehatan jantung, dan dapat mendeteksi penyakit serius.

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Webinar Peran Perempuan dan Perempuan Disabilitas dalam Penyelenggaraan Penanganan Kasus Kekerasan Berbasis Gender dan Disabilitas

on Kamis, 16 Maret 2023. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Webinar Peran Perempuan dan Perempuan Disabilitas dalam Penyelenggaraan Penanganan Kasus Kekerasan Berbasis Gender dan Disabilitas

Kamis, 16 Maret 2023, memenuhi surat undangan Sentra Advokasi Perempuan, Difabel dan Anak (SAPDA) nomor 017/SK/SAPDA/III/2023 tanggal 08 Maret 2023, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. dan Hakim  Pengadilan Negeri Yogyakarta mengikuti kegiatan Webinar “Peran Perempuan dan Perempuan Disabilitas dalam Penyelenggaraan Penanganan Kasus Kekerasan Berbasis Gender dan Disabilitas” melalui media zoom meeting. Kegiatan yang diselenggarakan dalam momentum International Women Day ini dilatarbelakangi oleh adanya penelitian yang dilakukan Jeanne, Tina, Jacqueline, dan Rosemary (2020) yang mengatakan perempuan dengan disabilitas 3-4 kali lebih rentan mengalami kekerasan.

Maka atas dasar hal tersebut diperlukan keberadaan data yang komprehensif yang menjadi kebutuhan penting dalam mengidentifikasi layanan-layanan dan kebutuhan pada penyelenggaraan penanganan kasus kekerasan berbasis gender dan disabilitas. Sentra Advokasi Perempuan, Difabel dan Anak (SAPDA) sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam pemberdayaan, pendidikan dan advokasi tentang isu-isu perempuan, difabel dan anak di kalangan masyarakat luas dengan dukungan dari AIPJ2 mengajak untuk berdiskusi dalam format webinar tentang situasi kekerasan berbasis gender dan disabilitas di Indonesia dan dinamika penanganan yang dilakukan oleh lembaga perempuan dan lembaga perempuan penyandang disabilitas. Adapun tujuan dari pelaksanaan webinar ini adalah untuk memperdalam informasi situasi kekerasan berbasis gender dan disabilitas di Indonesia dan mendiskusikan peran perempuan dan perempuan penyandang disabilitas dalam penyelenggaraan penanganan kasus kekerasan berbasis gender dan disabilitas.