HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Ketua Pengadilan Neger Yogyakarta Menghadiri Launching ANGKRINGAN dan SIPANAH HATI

on Selasa, 28 September 2021. Posted in Berita Terkini

Ketua Pengadilan Neger Yogyakarta Menghadiri Launching ANGKRINGAN dan SIPANAH HATI
Selasa 28 September 2021 pukul 09.00 WIB Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Dr. Frida Ariyani, S.H.,M.Hum. menghadiri launching inovasi Pelayanan Publik Pengadilan Tinggi Yogyakarta, yaitu Ajang Konsultasi Masyarakat Ingin Keadilan (ANGKRINGAN) dan Sistem Informasi Penahanan Hakim Tinggi (SIPANAH HATI). Kegiatan diadakan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Yogyakarta.
 
Inovasi ini dibuat dalam rangka meningkatkan pelayanan prima Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Inovasi ini juga dibuat sebagai wujud komitmen Pengadilan Tinggi Yogyakarta dan seluruh Pengadilan Negeri di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Yogyakarta untuk memberikan terbaik bagi masyarakat, khususnya yang berhadapan dengan Hukum. Peluncuran Inovasi ini dihadiri dan diresmikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X disaksikan oleh Kajati Yogyakarta, Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Yogyakarta, Pimpinan Ombudsman perwakilan Yogyakarta dan dihadiri oleh Para Ketua Pengadilan Negeri, Para Kepala Kejaksaan Negeri dan Kepala Rutan di lingkungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
 
Sementara itu Panitera Muda Hukum Pengadilan Negeri Yogyakarta juga mengikuti Launching Inovasi ANGKRINGAN dan SIPANAH HATI secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting sesuai dengan Surat Undangan Pengadilan Tinggi Yogyakarta Nomor: W13-U/2216/HM.01/IX/2021 tanggal 23 September 2021.

Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti FGD dengan Pusat Kajian Law, Gender and Society Fakultas Hukum UGM (LGS)

on Jumat, 24 September 2021. Posted in Berita Terkini

Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti FGD dengan Pusat Kajian Law, Gender and Society Fakultas Hukum UGM (LGS)
Jumat 24 September 2021 pukul 13.00 WIB Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta mengikuti Focused Group Discussion (FGD) dengan Pusat Kajian Law, Gender and Society Fakultas Hukum UGM (LGS) sesuai dengan Surat Undangan Ketua LGS Nomor: 11/LGS/IX/2021 tanggal 20 September 2021. FGD dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. FGD ini memiliki topik “Perubahan Identitas Transgender dalam Hukum Indonesia: Kebutuhan, Tantangan, dan Strategi ke Depan”. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menelusuri sejauh mana hukum Indonesia telah mengatur isu hak identitas sebagai hak asasi manusia, khususnya bagi transgender. Tidak hanya mencakup isu pergantian jenis kelamin, tetapi juga perubahan nama yang berkaitan dengan ekspresi gender.
FGD ini bertujuan untuk:
  1. Memperdalam pemahaman Tim Peneliti LGS mengenai kebutuhan perubahan identitas transgender dari perspektif psikologis;
  2. Memperdalam pemahaman Tim Peneliti LGS mengenai tantangan perubahan identitas transgender dari perspektif medis.
  3. Memperdalam pemahaman Tim Peneliti LGS mengenai tantangan dan peluang perubahan identitas transgender dari perspektif masyarakat dan agama;
  4. Memperdalam pemahaman Tim Peneliti LGS sekaligus mengkonfirmasi temuan mengenai tantangan dan peluang perubahan identitas transgender dari perspektif hukum, khususnya pengadilan;
  5. Memperdalam pemahaman Tim Peneliti LGS mengenai hak identitas transgender sebagai hak asasi manusia; dan
  6. Memetakan strategi ke depan untuk menjamin hak identitas transgender.