HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Pisah Sambut Pejabat Wali Kota Yogyakarta

on Rabu, 22 Mei 2024. Posted in Berita Terkini

Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Pisah Sambut Pejabat Wali Kota Yogyakarta

Rabu, 22 Mei 2024, pukul 19.00 WIB, Pemerintah Kota Yogyakarta menyelenggarakan acara pisah sambut Penjabat Wali Kota Yogyakarta di Grha Pandawa Balaikota Yogyakarta. Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Tuty Budhi Utami, S.H., M.H. hadir pada acara tersebut. Acara kegiatan yang diselenggarakan sehubungan dengan berakhirnya masa tugas Singgih Raharjo, S.H.., M.Ed. setelah menjabat satu tahun sebagai Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan sekaligus menyambut Sugeng Purwanto, S.H., M.H. sebagai Penjabat Wali Kota Yogyakarta baru setelah dilantik dan diambil sumpahnya pada Rabu pagi di Bangsal Kepatihan Yogyakarta oleh Gubernur Di Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Hadir pada acara pisah sambut Penjabat Wali Kota Yogyakarta, seluruh unsur pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Yogyakarta, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Para Kepala Dinas Pemerintah Kota Yogyakarta, jajaran BUMD dan tamu undangan lainnya.

Acara kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video singkat kinerja dan pelaksanaan tugas-tugas Penjabat Wali Kota Yogyakarta lama selama satu tahun menjabat. Dalam suasana yang penuh keakraban, Penjabat Wali Kota Yogyakarta yang lama dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan kesan-kesan selama melaksanakan tugas di Pemerintah Kota Yogyakarta. Selanjutnya dalam perkenalan dan sambutannya Penjabat Wali Kota Yogyakarta yang baru, Sugeng Purwanto, S.H., M.H. mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras Penjabat Wali Kota lama selama bertugas memimpin Pemerintahan Kota Yogyakarta hingga akhir masa tugasnya. Dan pada kesempatan yang sama, Penjabat Wali Kota Yogyakarta yang baru memohon bantuan dan dukungan kerjasama serta masukan dari seluruh jajaran di Pemerintah Kota Yogyakarta dan dari seluruh unsur Forkopimda Kota Yogyakarta selama menjalankan tugas sebagai Penjabat Wali Kota Yogyakarta yang baru. Agenda acara pisah sambut dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dan diakhiri dengan ramah tamah, santap malam serta acara hiburan.

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mendapatkan Kunjungan Kerja Hakim Agung Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung RI

on Rabu, 22 Mei 2024. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mendapatkan Kunjungan Kerja Hakim Agung Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung RI

Rabu, 22 Mei 2024, pukul 14.00 WIB, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta Tuty Budhi Utami, S.H., M.H. didampingi Wakil Ketua Pengadilan, seluruh Hakim, jajaran Kepaniteraan, jajaran kesekretariatan dan seluruh aparatur Pengadilan Negeri Yogyakarta menerima kunjungan kerja YM Hakim Agung Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. Takdir Rahmadi, S.H., LL.M dan asisten di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Pada kunjungan tersebut YM Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung RI melihat secara langsung berbagai sarana prasarana yang tersedia di Pengadilan Negeri Yogyakarta dan menyapa para pegawai di ruangan setiap bagian. Kemudian dalam kegiatan kunjungan bertempat di ruang Command Center, YM Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung RI juga menyampaikan arahan dan pembinaan kepada seluruh hakim dan jajaran Kepaniteraan.

Adapun penyampaian arahan terkait aturan SEMA nomor 2 tahun 2023 tentang Petunjuk Bagi Hakim Dalam Mengadili Perkara Permohonan Pencatatan Perkawinan Antar-Umat yang Berbeda Agama dan Kepercayaan; terkait administrasi perkara sesuai PERMA harus dipatuhi dan dilaksanakan; berperan aktif sebagai mediator dalam penyelesaian perkara Restorative Justice; terkait pengaburan/anonimisasi para pihak yang terkait dalam putusan dalam perkara anak, asusila, perceraian. Setelah penyampaian arahan, dalam agenda kunjungan juga dilaksanakan dialog interaktif/diskusi tanya jawab terkait berbagai kendala yang dihadapi di Pengadilan Negeri Yogyakarta dalam penyelesaian perkara. Seluruh rangkaian kegiatan kunjungan ditutup dengan sesi foto dokumentasi bersama.