HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Launching "Modul Piloting Penggunaan Pidana Bersyarat Pasal 14 KUHP"

on Rabu, 05 Jun 2024. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Launching

Rabu, 05 Juni 2024 pukul 14.00 WIB bertempat di ruang Command center sesuai surat undangan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI nomor UN.856/HK.00.01/06/2024 tanggal 3 Juni 2024, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Tuty Budhi Utami, S.H., M.H., bersama Hakim, Panitera dan Panitera Muda Pidana mengikuti kegiatan undangan launching “Modul Piloting Penggunaan Pidana Bersyarat Pasal 14 KUHP Sebagai Proyeksi Pelaksanaan Pidana Pengawasan dan Kerja Sosial Pada KUHP Baru Melalui Pendekatan Keadilan Restoratif” secara daring. Kegiatan launching diresmikan secara langsung dengan ditandai pemukulan gong oleh Menteri Kemenkopolhukam, Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan diikuti/dihadiri oleh Aparatur Penegak Hukum (Pengadilan Tinggi, Kejaksaan Tinggi, Kepala Kanwil Kemenkumham di wilayah Banten, Jawa tengah, Yogyakarta, dan Bali), Organisasi Internasional, Organisasi masyarakat Sipil dan Akademisi. Turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan selayang pandang peran Kementerian/Lembaga dalam Optimalisasi Alternatif Pemidanaan di Indonesia yaitu YM Hakim Agung Kamar Pidana Mahkamah Agung RI, Jupriyadi, S.H., M.Hum. ; Plt. Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung RI, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, S.H., M.H.; Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Pujo Harinto, Bc.I.P, S.Sos., M.Si. ; dan Direktur Hukum dan Regulasi Kementerian PPN/Bappenas, R.M. Dewo Broto Joko P., S.H., LL.M.

Kegiatan Peluncuran “Modul Piloting Penggunaan Pidana Bersyarat Pasal 14 KUHP Sebagai Proyeksi Pelaksanaan Pidana Pengawasan dan Kerja Sosial Pada KUHP Baru Melalui Pendekatan Keadilan Restoratif” oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI dilaksanakan untuk memperkuat pemahaman dalam penerapan Pasal 14a dan Pasal 14c KUHP (existing) sehubungan dengan pemberlakuan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang KUHP yang memuat penerapan alternatif pemidanaan berupa pidana pengawasan dan pidana kerja sosial (Pasal 75 dan Pasal 85), yang juga telah diatur dalam KUHP lama (existing) mengenai pidana non-pemenjaraan berupa pidana percobaan dan pidana bersyarat (Pasal 14a dan Pasal 14c KUHP)

Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Pelantikan Pengurus Cabang IKAHI se-DI Yogyakarta Periode 2023-2026

on Selasa, 04 Jun 2024. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Pelantikan Pengurus Cabang IKAHI se-DI Yogyakarta Periode 2023-2026

Selasa, 04 Juni 2024, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Tuty Budhi Utami, S.H., M.H. selaku Pembina IKAHI cabang Yogyakarta didampingi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Sri Harsiwi, S.H., M.H. selaku Pengawas IKAHI cabang Yogyakarta dan para Hakim selaku Pengurus IKAHI Cabang Yogyakarta terpilih hadir pada kegiatan Pelantikan Pengurus Cabang IKAHI Se-DI Yogyakarta periode 2023-2026 di Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Pengurus IKAHI Cabang Yogyakarta terdiri dari Pengadilan Negeri Yogyakarta, Pengadilan Agama, Pengadilan Tata Usaha Negara dan Pengadilan Mlliter II-11 Yogyakarta. Hadir dalam kegiatan tersebut YM Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta dan YM Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta selaku pembina IKAHI Daerah DI. Yogyakarta. YM Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Dr. Ifa Sudewi, S.H., M.Hum. selaku Ketua IKAHI Daerah DI. Yogyakarta memimpin proses Pelantikan Pengurus Cabang IKAHI Se-DI Yogyakarta periode 2023-2026 di Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Seluruh rangkaian kegiatan pelantikan berjalan dengan baik dan ditutup dengan dokumentasi foto bersama.