HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mendapatkan Kunjungan Kerja dari Kepala Rupbasan Klas 1 Yogyakarta

on Rabu, 26 Jun 2024. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mendapatkan Kunjungan Kerja dari Kepala Rupbasan Klas 1 Yogyakarta

Rabu, 26 Juni 2024, pukul 11.00 WIB, bertempat di ruang Kerja, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Tuty Budhi Utami, S.H., M.H. menerima kunjungan Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Klas 1 Yogyakarta, Sugeng Bagyo, A.Md.I.P., S.H., beserta jajarannya di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Maksud dan tujuan kedatangan tersebut dalam rangka untuk bersilaturahmi sekaligus untuk berkoordinasi dengan Pengadilan Negeri Yogyakarta terkait kedinasan sehubungan dengan fungsi dan tugas rupbasan sebagai tempat benda yang disita oleh Negara untuk keperluan proses peradilan di wilayah Kota Yogyakarta.

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Webinar Kebijakan Kelembagaan untuk Penguatan Kepemimpinan Hakim Perempuan

on Selasa, 25 Jun 2024. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Webinar Kebijakan Kelembagaan untuk Penguatan Kepemimpinan Hakim Perempuan

Selasa, 25 Juni 2024, pukul 13.30 WIB sesuai surat undangan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Direktorat Jenderal Mahkamah Agung RI nomor 152/DJU/UND.HK2.5/VI/2024 tanggal 24 Juni 2024, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Tuty Budhi Utami, S.H., M.H. didampingi Wakil Ketua Pengadilan dan Hakim Perempuan Pengadilan Negeri Yogyakarta mengikuti kegiatan webinar “Kebijakan Kelembagaan untuk Penguatan Kepemimpinan Hakim Perempuan”. Kegiatan webinar peningkatan kepemimpinan hakim perempuan di peradilan diselenggarakan dalam rangka perayaan 20 Tahun Kerjasama Mahkamah Agung RI dan Federal Circuit & Family Court of Australia (FCFCOA).

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan webinar yaitu menjadi forum pertukaran pengetahuan antara Mahkamah Agung dan FCFCOA mengenai representasi hakim perempuan, dan model mentoring bagi hakim perempuan yang dipraktekan di Australia dan negara lain untuk mewujudkan peningkatan kepemimpinan hakim perempuan,  sebagai forum diskusi dan dialog Badan Perhimpunan Hakim Perempuan Indonesia (BP HPI) sekaligus mensosialisasikan susunan pengurus dan program kerja periode 2023-2026. Acara webinar diisi dengan pemaparan oleh YM Hakim Agung Mahkamah Agung RI, Dr. Nani Indrawati, S.H., M.Hum. selaku Ketua BP HPI) mengenai sejarah terbentuknya BP HPI) perkembangan Hakim perempuan di Indonesia serta rencana kegiatan untuk periode 2023-2026. Dan kemudian dilanjutkan dengan presentasi oleh Judge Liz Boyle, FCFCOA mengenai representasi hakim Perempuan, proses mutasi dan pengangkatan hakim di Australia, pendampingan (sistem mentoring) serta kesejahteraan hakim.

Pada kegiatan webinar merespon apa yang telah di presentasikan, masing-masing Direktur Jenderal (Badan Peradilan Umum, Agama, Militer dan Tata Usaha Negara) menyampaikan terkait update data terpilah (Perempuan dan Laki-laki) dalam hal pimpinan pengadilan tahun 2023, jumlah hakim yang dipanggil fit dan proper test dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Mahkamah Agung menyampaikan terkait update data terpilah (Perempuan dan Laki-laki) dalam hal proses rekrutmen calon hakim, pelatihan pengembangan bagi hakim. Rangkaian sesi acara kegiatan webinar dilanjutkan dengan diskusi dan dialog interaksi antara Direktur Jenderal empat lingkungan peradilan serta Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Mahkamah Agung dengan Hakim perempuan se-Indonesia yang mengikuti kegiatan dan ditutup dengan penyampaian Closing remarks dari Mahkamah Agung RI dan FCFCOA.