HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Simulasi Pelatihan Sispamkota Operasi Mantab Brata Progo

on Kamis, 12 Oktober 2023. Posted in Berita Terkini

Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Simulasi Pelatihan Sispamkota Operasi Mantab Brata Progo

Kamis, 12 Oktober 2023, pukul 08.30 WIB memenuhi undangan Kepala Kepolisian Resor Kota Yogyakarta nomor B/4016/X/OPS.1.1.1/2023 tanggal 10 Oktober 2023, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. hadir pada acara kegiatan simulasi Pelatihan Sistem Keamanan Kota (Sispamkota) operasi mantab Brata Progo dalam rangka Pengamanan Pemilihan Umum tahun 2024. Kegiatan yang diselenggarakan di Stadion Mandalakrida Kota Yogyakarta dihadiri oleh Kapolresta Yogyakarta, Penjabat Wali Kota Yogyakarta beserta jajaran Forkopimda Kota Yogyakarta, Jajaran Kapolsek Polresta Yogyakarta dan instansi-instansi terkait.

Kegiatan simulasi pelatihan sistem pengamanan kota (Sispamkota) itu bertujuan agar pesta demokrasi dalam pelaksanaan pemilu tahu 2024 berjalan aman dan tertib. Dalam kegiatan tersebut berbagai simulasi dilakukan dengan beragam skenario, mulai kondisi sebelum adanya pemilu, masa pendaftaran calon, masa kampanye, masa distribusi logistik KPU, masa tenang, masa perhitungan suara, simulasi kelompok warga melakukan aksi unjuk rasa atas atau huru-hara hasil pemilu, simulasi pembebasan penyanderaan komisioner KPU. Dalam latihan simulasi, Polresta Yogyakarta mengerahkan satuan dalmas (Pengendalian Massa) dengan peralatan mobil water canon, anjing pelacak dan melibatkan satuan brimob (Brigade Mobil). Dengan adanya simulasi Pelatihan Sistem Keamanan Kota (Sispamkota) operasi mantab Brata Progo dalam rangka Pengamanan Pemilihan Umum tahun 2024, seluruh jajaran Polresta Yogyakarta telah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi berbagai resiko yang mungkin terjadi selama masa pemilu 2024.

Penerimaan dan Pembekalan Kuliah Praktek Peradilan bagi Mahasiswa Fakultas Hukum UII di Pengadilan Negeri Yogyakarta

on Rabu, 11 Oktober 2023. Posted in Berita Terkini

Penerimaan dan Pembekalan Kuliah Praktek Peradilan bagi Mahasiswa Fakultas Hukum UII di Pengadilan Negeri Yogyakarta

Rabu, 11 Oktober 2023, pukul 08.30 WIB bertempat di Ruang Sidang Utama/Aula Pengadilan Negeri Yogyakarta, telah dilaksanakan kegiatan penerimaan dan pembekalan Kuliah Praktek Peradilan bagi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. didampingi Hakim yang telah ditunjuk sebagai Hakim pembimbing mahasiswa dan dan Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana hadir dalam kegiatan penerimaan dan pembekalan mahasiswa UII. Turut hadir Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Fakultas Hukum UII, Lucky Suryo Wicaksono, S.H., M.h., M.Kn. mewakili Fakultas Hukum UII dalam kegiatan penerimaan dan pembekalan Kuliah Praktek Peradilan bagi mahasiswa di Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Fakultas Hukum UII dalam kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih atas kesediaan Pengadilan Negeri Yogyakarta menerima, melakukan pendampingan oleh para Hakim Pembimbing yang ditunjuk dalam pelaksanaan kegiatan magang mahasiswa UII dan berpesan kepada para mahasiswa agar menjaga sikap dan perilaku selama melaksanakan berbagai kegiatan di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Selanjutnya dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa Fakultas Hukum UII dan berpesan kepada para mahasiswa agar selama melaksanakan kuliah praktek peradilan dapat belajar dengan baik dan menggali ilmu dan wawasan dari para Hakim Pembimbing yang telah ditunjuk.

Pada kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta menyampaikan sekilas informasi tentang perkembangan dunia peradilan khususnya yang diterapkan di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Pada kegiatan penerimaan dan pembekalan juga diperkenalkan para Hakim yang telah ditunjuk sebagai Hakim Pembimbing dimana nantinya para mahasiswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan akan dibimbing oleh Hakim Pembimbing selama melaksanakan Kuliah Praktek Peradilan. Dalam kegiatan penerimaan dan pembekalan mahasiswa Fakultas Hukum UII, Hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta, Wisnu Kristiyanto, S.H., M.H. memberikan dan menyampaikan paparan singkat mengenai profil pengadilan dan struktur organisasi Pengadilan Negeri Yogyakarta untuk memberikan gambaran awal mengenai struktur, tugas dan fungsi masing-masing bagian serta berbagai fasilitas yang ada di Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Kemudian dihadapan para mahasiswa fakultas Hukum UII, juga diberikan penyampaian sosialisasi terkait Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang telah diterapkan di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Hal ini untuk menegaskan bahwa di Pengadilan Negeri Yogyakarta bebas atau tidak ada praktek-praktek menyimpang dalam berbagai layanan peradilan maupun perkara. Setelah penyampaian pemaparan singkat tentang Pengadilan Negeri Yogyakarta seluruh rangkaian acara kegiatan penerimaan dan pembekalan mahasiswa Fakultas Hukum UII berakhir.