HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Kegiatan Pengadilan

Apel Pagi Rutin 4 Maret 2024

on Senin, 04 Maret 2024. Posted in Kegiatan Pengadilan

Apel Pagi Rutin 4 Maret 2024

Senin, 04 Maret 2024, pukul 08.00 WIB bertempat di halaman Pengadilan Negeri Yogyakarta telah dilaksanakan kegiatan apel senin pagi pegawai. Hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta, Tri Asnuri Herkutanto, S.H., M.H.. bertindak sebagai pembina apel dalam apel senin pagi pegawai. Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, seluruh Aparatur Pegawai Pengadilan Negeri Yogyakarta, Tenaga PPNPN, para Calon Hakim dan Mahasiswa Magang mengikuti kegiatan apel rutin senin pagi. Dalam penyampaian amanat,  Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Tuty Budhi Utami, S.H., M.H. menyampaikan beberapa informasi diantaranya terkait pengambilan video Apel Pagi dan pengambilan video di bagian PTSP untuk keperluan kegiatan perlombaan video PTSP Badilum, kemudian terkait informasi kegiatan Pengawasan Daerah oleh Pengadilan Tinggi Yogyakarta secara online dan offline agar semua bagian baik Kepaniteraan dan Kesekretariatan mempersiapkan segala sesuatunya.

Kegiatan apel dilaksanakan secara rutin sebagai bagian dalam meningkatkan disiplin pegawai pengadilan. Kegiatan apel senin pagi berlangsung dengan khidmat dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh pembina apel dan laporan oleh pemimpin apel bahwa apel pagi pegawai telah selesai.

Rapat Pembinaan dan Monev Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta Januari 2024

on Jumat, 01 Maret 2024. Posted in Kegiatan Pengadilan

Rapat Pembinaan dan Monev Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta Januari 2024

Jumat, 1 Maret 2024, pukul 13.30 WIB bertempat di Ruang Sidang Utama/Aula Pengadilan telah dilaksanakan Rapat Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta bulan Januari tahun 2024. Rapat Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Tuty Budhi Utami, S.H., M.H. didampingi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Sri Harsiwi, S.H., M.H. Seluruh Hakim dan Aparatur Sipil Negara Pengadilan Negeri Yogyakarta dan PPNPN mengikuti kegiatan rapat Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja bulan Januari 2024.  

Agenda kegiatan diawali dengan penyampaian hasil monitoring dan tindak lanjut Pengawasan Bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan oleh Wakil Ketua Pengadilan selaku Koordinator Pengawasan. Dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua Pengadilan menyampaikan beberapa hal temuan dalam pengawasan bidang yang memerlukan arahan pimpinan diantaranya, pertama terkait kendala ketidaksesuaian penginputan dan penerimaan perkara pidana, kedua terkait penyampaian kedisiplinan Hakim dan Pegawai dan ketiga terkait pelaksanaan disposisi persuratan yang kurang maksimal pada aplikasi PTSP+.

Selanjutnya Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta pada penyampaian pembinaan dan monitoring evaluasi kinerja bulan Januari 2024 serta merespon apa yang telah disampaikan oleh koordinator pengawasan bidang, menyampaikan agar dalam penerimaan berkas dan penginputan pada aplikasi harus benar-benar dipastikan terlebih dahulu sebelum dilakukan validasi pada aplikasi, kemudian terkait kedisiplinan kembali menekankan agar baik hakim dan pegawai tetap berdisiplin dan mematuhi aturan, ijin diperkenankan tetapi harus jelas dan sesuai aturan karena hal ini menjadi kewajiban pimpinan untuk terus mengingatkan serta menjadi tanggung jawab pimpinan apabila ada hal terjadi. Merespon terkait persuratan ketua berpesan agar saat diterima disposisi atau sudah selesai dilaksanakan disposisi surat agar mengupdate status pada aplikasi, Ketua Pengadilan juga memohon maaf terkadang terlambat dalam melakukan disposisi dan tanda tangan elektronik karena adanya berbagai kesibukan kegiatan di Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Dalam arahan dan pembinaan, Ketua Pengadilan menekankan agar baik Hakim dan Pegawai selalu menjaga integritas dalam kaitan meraih WBBM lebih susah dan membutuhkan komitmen bersama. Ketua juga menyampaikan bahwa Pengadilan Negeri Yogyakarta dalam perlombaan yang diselenggarakan Badilum ditunjuk untuk mengikuti lomba video PTSP dan lomba administrasi peradilan maka diharapkan agar petugas PTSP dan bagian Kepaniteraan mempersiapkan diri. Ketua Pengadilan mengapresiasi para Hakim atas respon positif apabila menerima perkara sore hari dan sedang dikoordinasikan dengan pihak terkait agar pelimpahan berkas tidak terlalu sore. Ketua Pengadilan juga mengapresiasi capaian EIS yang telah meningkat dibanding bulan sebelumnya dan memberi catatan serta masukan akan perolehan skor/celah yang masih dapat ditingkatkan kinerjanya supaya nilai EIS meningkat.

Kepada para Calon Hakim, Ketua berpesan agar senantiasa menjaga sikap, tidak menyombongkan diri dengan status, tetap menghargai dan rendah diri dimanapun berada. Masih dalam arahan dan pembinaannya, Ketua Pengadilan berpesan kepada seluruh Hakim dan ASN agar berhati-hati dalam berbicara dan bersikap, baik dalam tugas atau berinteraksi di lingkungan masyarakat karena akan berdampak pada penilaian publik dan berpengaruh pada kinerja satuan kerja. Dalam kepemimpinannya, Ketua Pengadilan berharap dapat menerapkan manajemen kekeluargaan, dimana segala sesuatu saling mengingatkan, komunikasi, menciptakan lingkungan yang nyaman untuk bekerja dan tidak membeda-bedakan setiap pegawai.

Pada agenda rapat pembinaan dan monitoring evaluasi kinerja bulan Januari 2024 ini juga dilaksanakan pengumuman best performance Petugas PTSP yang telah dilakukan penilaian oleh Tim Penilai Petugas PTSP. Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta membacakan perolehan capaian nilai tertinggi yang diperoleh oleh Staf Kepaniteraan Muda Hukum, Nindya Yosdalu Putra. Piagam penghargaan dan reward kepada  peraih best performance Petugas PTSP diserahkan langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta didampingi Wakil Ketua Pengadilan dan dilanjutkan dengan foto bersama. Dengan penyerahan piagam dan reward seluruh rangkaian agenda rapat Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja bulan Januari 2024 berakhir.