HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Kegiatan Pengadilan

Eksekusi Perkara Perdata secara Sukarela Pengadilan Negeri Yogyakarta

on Selasa, 05 Maret 2024. Posted in Kegiatan Pengadilan

Eksekusi Perkara Perdata secara Sukarela Pengadilan Negeri Yogyakarta

Selasa, 05 Maret 2024, pukul 15.00 WIB, bertempat di ruang Command Center, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Tuty Budhi Utami, S.H., M.H. didampingi Panitera, Panitera Muda Perdata dan Jurusita Pengadilan Negeri Yogyakarta melaksanakan eksekusi perkara perdata secara sukarela. Hadir dalam kegiatan eksekusi sukarela Kuasa Hukum Pemohon Eksekusi, Pemohon Eksekusi, Kuasa Hukum Termohon Eksekusi dan Termohon Eksekusi.Perkara permohonan eksekusi perkara perdata berupa uang senilai + 1,6 Milyar pada perkara nomor 1/Pdt.Eks/2022/PN Yyk jo nomor 148/Pdt.G/2019/PN Yyk tentang perbuatan melawan hukum.

Proses pelaksanaan eksekusi sukarela perkara perdata ini cukup alot dan sempat tertunda/diundur sebanyak 2 kali karena adanya perbedaan pendapat baik dari pihak Permohon Eksekusi dan Termohon Eksekusi terkait siapa yang harus menanggung pajak. Kemudian pada saat pelaksanaan eksekusi sukarela ke-3 hari ini, juga sempat menemui jalan buntu (deadlock) karena pihak Termohon eksekusi menolak opsi pembayaran pajak 50:50 yang ditawarkan pada pelaksanaan eksekusi ke-2 dan bahkan menolak membayar pajak. Pada proses pelaksanaan eksekusi sukarela ke-3, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta berusaha melakukan tindakan persuasif pada pihak Pemohon Eksekusi dan Termohon Eksekusi dan berhasil meyakinkan pihak Pemohon Eksekusi untuk melaksanakan proses eksekusi dengan nominal uang yang diterima setelah dipotong pajak penghasilan.

Dalam proses pelaksanaan eksekusi, Ketua Pengadilan Negeri didampingi Panitera dan Jurusita selaku saksi menyaksikan pihak Termohon Eksekusi mempersiapkan sejumlah uang sesuai isi putusan untuk diserahkan kepada pihak Pemohon Eksekusi. Setelah dipastikan sesuai, Ketua Pengadilan membacakan berita acara pelaksanaan eksekusi dan selanjutnya Pihak Termohon Eksekusi menyerahkan uang tersebut kepada Pemohon Eksekusi di hadapan Ketua Pengadilan Negeri. Pelaksanaan eksekusi sukarela perkara perdata ditutup dengan penandatanganan berita acara pelaksanaan eksekusi oleh masing-masing pihak.

Apel Pagi Rutin Petugas PTSP 5 Maret 2024

on Selasa, 05 Maret 2024. Posted in Kegiatan Pengadilan

Apel Pagi Rutin Petugas PTSP 5 Maret 2024

Selasa, 05 Maret 2024, pukul 08.00 WIB apel Pagi Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Yogyakarta dilaksanakan. Bertindak sebagai pembina apel adalah Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Sri Harsiwi, S.H., M.H. didampingi Ketua Pengadilan, Panitera, Sekretari, Panitera Muda dan Kepala Sub Bagian. Dalam apel, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta menyampaikan beberapa hal kepada seluruh seluruh petugas PTSP diantaranya, Pertama menyampaikan agar dalam memberikan pelayanan diharapkan mencontoh pelayanan yang ada di bank; kedua setelah melaksanakan pelayanan supaya mengarahkan pengguna layanan untuk mengisi survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK); Ketiga agar data pengunjung pengguna layanan sesuai diharapkan mengisi buku tamu.

Kemudian masih dalam arahan, Ketua Pengadilan menambahkan terkait pengunjung agar dari awal pos keamanan sudah terdata dan kemudian petugas keamanan mengarahkan pengunjung sesuai dengan layanan yang dibutuhkan. Setiap petugas PTSP pada masing-masing bagian  diharapkan mempersiapkan diri terkait lomba PTSP dan kunjungan penilaian Kinerja oleh Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Kegiatan Apel Petugas PTSP diakhiri dengan pembacaan 8 Nilai Utama Mahkamah Agung RI, Yel-yel dan doa yang dipimpin oleh Panitera Muda Khusus Tipikor Pengadilan Negeri Yogyakarta.