HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Kegiatan Pengadilan

Pengantar Alih dan Purna Tugas Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Yogyakarta

on Jumat, 24 November 2023. Posted in Kegiatan Pengadilan

Pengantar Alih dan Purna Tugas Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Yogyakarta

Jumat, 24 November 2023, pukul 09.00 WIB bertempat di ruang sidang utama/aula Pengadilan Negeri Yogyakarta telah diselenggarakan Kegiatan Pengantar Alih dan Purna Tugas Hakim dan Pegawai (ASN). Acara dihadiri dan diikuti  oleh seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Yogyakarta. Hakim yang mendapat promosi mutasi berjumlah 6  orang yang terdiri dari :

  1. Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. sebagai Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi Banjarmasin dan diperbantukan di Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI;
  2. Mujiono, S.H., M.H. sebagai Ketua pada Pengadilan Negeri Sragen Kelas IA;
  3. Mustajab, S.H., M.H. sebagai Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi Maluku Utara; 
  4. Purnama, S.H., M.H. sebagai Hakim pada Pengadilan Negeri Bekasi Kelas IA Khusus,
  5. Moch. Arif Satiyo Widodo, S.H., M.H. sebagai Wakil Ketua Pengadilan pada Pengadilan Negeri Poso Kelas IB;
  6. Agus Setiawan, S.H., Sp. Not. sebagai Wakil Ketua Pengadilan pada Pengadilan Negeri Bangko kelas IB;

Pegawai (ASN) yang memperoleh promosi mutasi yaitu, Yulita Sri Widayati, S.H. sebagai Panitera Pengganti pada Pengadilan Tinggi Yogyakarta dan Pegawai (ASN) yang purna tugas yaitu Abdul Kadir Rumodar, S.H. (Panitera), Noorman Nefonanto, S.H. (Panitera Pengganti), M. V. Nanik Setiasih (Panitera Pengganti).

  

Acara dimulai dengan penyampaian sambutan ketua panitia acara, Wisnu Kristiyanto, S.H.,M.H., kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video profil dan foto dari masing-masing Hakim dan pegawai yang promosi mutasi dan ASN yang memasuki masa purna tugas. Dalam acara tersebut, masing-masing Hakim dan ASN menyampaikan pesan dan kesan selama melaksanakan tugas di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Acara Kegiatan Pengantar Alih dan Purna Tugas Hakim dan Pegawai (ASN) juga diisi dengan hiburan dari hakim dan pegawai. Menjelang siang kegiatan Pengantar Alih dan Purna Tugas Hakim dan Pegawai (ASN) di break (istirahat) untuk makan dan sholat jumat dan kemudian akan dilanjutkan kembali setelah sholat.

Pada sambutan Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi S.H., M.H. dimana beliau juga menjadi salah satu yang memperoleh promosi mutasi, mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi atas dedikasi pengabdian kepada Hakim dan Pegawai yang mutasi dan purna tugas selama bertugas di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Tak lupa pada kesempatan tersebut, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan integritas seluruh hakim dan pegawai yang selalu dijaga selama memimpin Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta berharap agar apa yang telah dibangun selama ini untuk tetap dijaga dan dipelihara. Agenda acara kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata dari Ketua Pengadilan, Wakil Ketua Pengadilan, IKAHI, para Hakim, IPASPI, Koperasi, Karyawan/Karyawati Pengadilan Negeri Yogyakarta. Seluruh rangkaian acara diakhiri dengan sesi foto-foto bersama dan acara hiburan yang telah disediakan oleh panitia. 

Rapat Pembinaan dan Monev Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta Bulan Oktober 2023

on Rabu, 22 November 2023. Posted in Kegiatan Pengadilan

Rapat Pembinaan dan Monev Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta Bulan Oktober 2023

Rabu, 22 November 2023, pukul 13.30 WIB bertempat di Ruang Sidang Utama/Aula Pengadilan telah dilaksanakan Rapat Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta bulan Oktober tahun 2023. Rapat Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja bulan Oktober 2023 untuk sementara dibuka dan dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Mujiono, S.H., M.H. karena Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. didampingi Plt. Panitera sedang melaksanakan Aanmaning terlebih dahulu. Seluruh Hakim dan Aparatur Sipil Negara Pengadilan Negeri Yogyakarta yang tidak bersidang mengikuti kegiatan rapat Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Hymne Mahkamah Agung RI, yang kemudian dilanjutkan pengucapan Tri Prasetya Hakim oleh perwakilan Hakim, Pengucapan 8 nilai utama Mahkamah Agung RI dan pengucapan BerAkhklak Core Values ASN. Sembari menunggu Ketua Pengadilan bergabung dalam rapat pembinaan dan monitoring evaluasi kinerja, agenda rapat diisi pembinaan dan arahan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta. Dalam pembinaannya Wakil Ketua Pengadilan Negeri menyampaikan dan mengingatkan bahwa Hakim dan ASN harus senantiasa bersyukur, bekerja dengan baik dan berintegritas karena telah memperoleh penghasilan dan tunjangan yang cukup. Dalam arahannya segala tugas terkait administrasi perkara (SIPP, EIS) harus selalu dimonitoring dan diselesaikan, berbagai masalah yang ada harus diinventarisir untuk kemudian dicarikan solusinya.

Masih dalam arahannya, Wakil Ketua Pengadilan juga menyampaikan menjelang akhir tahun kepegawaian harus membuat Analisis Beban Kerja (ABK) dan Analisis jabatan (Anjab) kembali untuk mengevaluasi kebutuhan pegawai dan diperlukan adanya evaluasi SOP yang ada. Selanjutnya, agenda rapat dilanjutkan dengan penyampaian laporan Kesekretariatan oleh Sekretaris. Sekretaris menyampaikan beberapa hal diantaranya terkait proses penyusunan baseline anggaran tahun 2025 terdapat anggaran seragam, pengusulan AC dan perlengkapan persidangan elektronik; kebutuhan anggaran akan sosialisasi yang bersumber dari PNBP; menginfokan menjelang akhir tahun agar seluruh pegawai mempersiapkan SKP tahunan; kemudian sekretaris mengingatkan agar pada awal tahun mempersiapkan perjanjian kinerja dan melaporkan LHKPN bagi Hakim dan LHKASN bagi ASN; perihal keterbatasan anggaran uang makan terdakwa sesuai hasil rapat koordinasi untuk sementara difokuskan dalam sidang pada tahap pembuktian.

Setelah Ketua Pengadilan selesai melaksanakan anmaning dan jeda rapat sejanak untuk melaksanakan sholat, agenda rapat pembinaan dan monitoring evaluasi kinerja dimulai kembali dengan pembinaan dan penyampaian arahan oleh Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta. Dalam arahannya Ketua menyampaikan beberapa hal, diantaranya mengingatkan kembali kepada seluruh Hakim dan Aparatur Pengadilan Negeri Yogyakarta untuk benar-benar memahami Peraturan Mahkamah Agung nomor 7, 8, 9 tahun 2016 dan Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI nomor 1 tahun 2017 tentang penegakan disiplin, pengawasan dan pembinaan bagi Hakim dan Aparatur Pengadilan; terkait hasil evaluasi administrasi/register elektronik oleh Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum, Ketua Pengadilan berpesan agar bagian Kepaniteraan memperhatikan tertib administrasi perkara pada SIPP; terkait proses pengusulan kenaikan kelas Pengadilan Negeri Yogyakarta menjadi kelas 1A Khusus. Diakhir penyampaian arahannya Ketua menginformasikan rencana pelaksanaan pembinaan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta yang akan dilaksanakan pada hari senin, 27 November 2023.

Pada agenda rapat pembinaan dan monitoring evaluasi kinerja bulan Oktober 2023 ini juga dilaksanakan penyerahan hadiah juara 1 (Ketua dan Wakil Ketua) dan juara 2 (PPNPN) pada lomba gaple dalam rangka HUT RI ke-78 dan HUT MA ke-78. Penyerahan hadiah ini sempat tertunda sekian bulan karena Wakil Ketua Pengadilan sakit. Penyerahan hadiah diserahkan langsung oleh Ketua Panitia HUT RI dan HUT MA, Wisnu Kristiyanto, S.H., M.H. kepada para juara. Dengan selesainya penyerahan hadiah kepada para juara maka  seluruh rangkaian acara kegiatan rapat Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta bulan Oktober tahun 2023 berakhir.