HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Kegiatan Pengadilan

Apel Pagi Rutin Petugas PTSP 3 Agustus 2023

on Kamis, 03 Agustus 2023. Posted in Kegiatan Pengadilan

Apel Pagi Rutin Petugas PTSP 3 Agustus 2023

Kamis, 03 Agustus 2023, pukul 08.00 WIB apel Pagi Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Yogyakarta dilaksanakan. Bertindak sebagai pimpinan apel adalah Sekretaris, Tasiman, S.H., M.H. didampingi  Plt. Panitera dan Panitera Muda Hukum. Dalam arahannya, Sekretaris menyampaikan kepada seluruh Petugas PTSP dan perwakilan seluruh bagian Kepaniteraan/Kesekretariatan bahwa Pengadilan Negeri Yogyakarta sering menjadi rujukan penyusunan naskah urgensi (FGD) oleh Balitbang Kumdil dan kegiatan monitoring evaluasi oleh Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung maka diharapkan seluruh petugas PTSP untuk tetap bertugas dengan baik dan maksimal sebagai pelayanan terdepan layanan pengadilan. Kegiatan Apel Petugas PTSP diakhiri dengan pembacaan 8 Nilai Utama Mahkamah Agung RI, Yel-yel dan doa yang dipimpin oleh Panitera Muda Hukum Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Rapat Review Kinerja Bulan Juli 2023 dan Rapat Penyelesaian Administrasi Eksekusi Pengadilan Negeri Yogyakarta

on Rabu, 02 Agustus 2023. Posted in Kegiatan Pengadilan

Rapat Review Kinerja Bulan Juli 2023 dan Rapat Penyelesaian Administrasi Eksekusi Pengadilan Negeri Yogyakarta

Rabu, 02 Agustus 2023, pukul 08.30 WIB bertempat di ruang Teleconference, Ketua Pengadilan, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. didampingi Wakil Ketua, Sekretaris, Plt. Panitera, para Panitera Muda, para Kepala Sub Bagian, Jurusita dan Jurusita Pengganti melaksanakan rapat koordinasi bersama. Dua agenda yang dibahas dalam kegiatan rapat yaitu, pertama melaksanakan monitoring evaluasi menindaklanjuti surat Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta nomor W13.U/1690/ HK.02/VII/2023 tanggal 31 Juli 2023 tentang evaluasi administrasi perkara pelaksanaan eksekusi dan agenda rapat kedua melakukan review kinerja bulan Juli 2023 Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Pada agenda pembahasan rapat pertama yaitu terkait penyelesaian administrasi eksekusi, Ketua Pengadilan dan Wakil Ketua Pengadilan melakukan evaluasi pelaksanaan adminstrasi eksekusi mulai dari pencatatan permohonan eksekusi di register manual maupun di aplikasi SIPP dan aplikasi pengawasan elektronik eksekusi (Perkusi), pencatatan pembukuan keuangan perkara dan pelaksanaan tahapan anmaning hingga proses pelaksanaan  eksekusi oleh Jurusita/Jurusita Pengganti. Evaluasi adminstrasi eksekusi dilaksanakan untuk monitoring evaluasi pelaksanaan eksekusi sekaligus untuk memenuhi permintaan data kepatuhan pelaksanaan administrasi eksekusi sesuai surat Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Dalam rapat Panitera Muda Perdata juga menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi dan Plt. Panitera memberikan masukan agar proses administrasi perkara pelaksanaan eksekusi dapat berjalan baik. Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua Pengadilan berpesan apabila dalam pelaksanaan adminstrasi perkara pelaksanaan eksekusi terdapat kendala-kendala, maka pihak-pihak terkait diharapkan saling berkoordinasi atau konsultasi kepada pimpinan untuk dapat dicarikan solusinya.

Selanjutnya pada agenda pembahasan kedua terkait review kinerja pengadilan. Sekretaris menyampaikan bahwa pembahasan review kinerja berkaitan dengan core bussiness dan Indikator Kinerja Utama (IKU) pengadilan yaitu terkait progres penyelesaian perkara dimana Sub Bagian Perencanaan, TI dan Pelaporan (PTIP) bertugas untuk memproses data capaian penyelesaian perkara dan menginput data tersebut pada aplikasi Komdanas setiap bulannya. Hal tersebut sebagai alat monitoring dan evaluasi capaian kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta. Menindaklanjuti hal tersebut, Ketua Pengadilan mengharapkan kerjasama bagian Kepaniteraan untuk berkoordinasi dengan Sub Bagian PTIP terkait kebutuhan data yang diperlukan dan nantinya di setiap bulan akan diedarkan form terkait capaian kinerja pernyelesaian perkara di bagian kepaniteraan.