HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Kegiatan Pengadilan

Sosialisasi Kejurusitaan

on Kamis, 28 Januari 2021. Posted in Kegiatan Pengadilan

Sosialisasi Kejurusitaan

Kamis, 28 Januari 2021 pukul 10.00 WIB, telah diadakan Sosialisasi Kejurusitaan. Materi sosialisasi dibawakan oleh Jurusita Pengadilan Negeri Yogyakarta, yaitu Heri Prasetya, S.H. dan Nur Maya Rezeky AR, S.H.  Sosialisasi dilakukan di Ruang Rapat lantai 2 Pengadilan Negeri Yogyakarta. Sosialiasi ini dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Dr. Frida Ariyani, S.H.,M.Hum didampingi oleh Hakim Pengawas Bidang Kejurusitaan, Agus Nazaruddinsyah, S.H., Panitera Pengadilan Negeri Yogyakarta, Abdul Kadir Rumodar, S.H. Sosialisasi ini juga dihadiri oleh seluruh Jurusita dan Jurusita Pengganti Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Kegiatan ini dibuka oleh Panitera Pengadilan Negeri Yogyakarta. Dipenghujung sambutannya, Panitera Pengadilan Negeri Yogyakarta menyampaikan bahwa kinerja Jurusita dan Jurusita Pengganti Pengadilan Negeri Yogyakarta perlu ditingkatkan untuk lebih profesional demi menjaga nama baik Pengadilan Negeri Yogyakarta dan juga demi meningkatkan kualitas Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Selanjutnya Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta memberikan arahan yaitu mengenai tugas kejurusitaan, baik dalam hal pelaksanaan relaas panggilan sidang, delegasi dan eksekusi. Ketua Pengadilan Yogyakarta juga menyampaikan ke semua Jurusita dan Jurusita Pengganti untuk meningkatkan nilai kepatuhan dalam pengisian di aplikasi SIPP dan  bekerja lebih keras lagi serta lakukan dengan tulus dan ikhlas.

Setelah Ketua Pengadilan Yogyakarta memberikan arahan, barulah Sosialisasi Kejurusitaan dimulai. Sosialisasi ini disampaikan berdasarkan hasil kegiatan Diklat Kejurusitaan secara online sekitar dua bulan yang lalu. Sosialisasi disampaikan  materi bagaimana tata cara pemanggilan sebagaimana tertera dalam Pasal 390 HIR. Materi selanjutnya adalah tentang Kode Etik Kejurusitaan dan Tugas Jurusita. Materi terakhir yang disampaikan adalah tentang Rogatory. Rogatory adalah pemanggilan pihak di luar Negeri atau luar wilayah Republik Indonesia. Dipenghujung sosialisasi, disampaikan oleh pembawa materi bahwa materi sosialisasi dan diklat akan dibagikan ke seluruh Jurusita dan Jurusita Pengganti Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Rapat Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) dan Pembangunan Zona Integritas Tahun 2021

on Senin, 25 Januari 2021. Posted in Kegiatan Pengadilan

Rapat Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) dan Pembangunan Zona Integritas Tahun 2021

 

Yogyakarta, Senin 25 Januari 2021 bertempat di Ruang Rapat lantai 2 Pengadilan Negeri Yogyakarta dilaksanakan rapat pembahasan dan evaluasi pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) dan persiapan Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri Yogyakarta tahun 2021. Rapat dimulai pada pukul 09.00 WIB Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta Ibu Dr. Frida Ariyani, S.H., M.Hum.

 

Rapat yang diadakan menggunakan protokol COVID-19 dan dihadiri perwakilan Hakim dan ASN Pengadilan Negeri Yogyakarta menghasilkan susunan tim pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri Yogyakarta kelas IA tahun 2021. Rapat dibuka oleh Ibu Ketua. Pada Sambutannya Ibu Ketua menyampaikan beberapa hal yaitu:

 

·       Nilai akreditasi Pengadilan Negeri Yogyakarta dari Dirjen Badilum tertanggal 6 Januari 2021 yang semula nilai nya 702 mengalami kenaikan menjadi 708 dengan predikat A excellent. Bagi Pengadilan yang meraih nilai akreditasi A excellent maka dapat diusulkan untuk mengikuti WBK menuju WBBM

 

·       Pembahasan mengenai rencana kerja dari tim ZI, sesuai dengan SK yang telah dibentuk agar segera bekerja sesuai dengan area masing- masing

 

·       Pergantian role model dan agen perubahan untuk tahun 2021 , dengan menilai attitude dari beberapa kandidat yang terpilih dari Panitera Muda dan Kasub yang menunjuk

 

·     SOP ditinjau ulang apakah masih berlaku atau masih sesuai dengan keadaan sekarang, jika tidak maka akan dilakukan perubahan

 

·       Audit internal tidak melampaui batas waktu di bulan maret

 

·       Rapat Tinjauan Manajemen, dilaksanakan setelah dilakukan audit internal

 

Pada sambutannya, Ibu Ketua juga menekankan pentingnya Pengadilan Negeri Yogyakarta untuk melaksanakan langkah-langkah strategis pembangunan Zona Integritas. Diharapkan agar tim yang terbentuk untuk saling bekerja sama dan bekerja keras untuk pelaksanaan dan kemajuan pembangunan Zona Integritas menuju WBBM. Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta juga mengingatkan kepada semua Hakim dan ASN Pengadilan Negeri Yogyakarta untuk meningkatkan semangat kebersamaan  dan  menjalin komunikasi yang baik antar sesama.