HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Workshop Peninjauan Kurikulum S1 dan S2 FH Universitas Janabadra

on Kamis, 25 Mei 2023. Posted in Berita Terkini

Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Workshop Peninjauan Kurikulum S1 dan S2 FH Universitas Janabadra

Kamis, 25 Mei 2023, pukul 08.30 WIB, memenuhi undangan Dekan Fakultas Hukum Universitas Janabadra nomor 168/A.4/D/FH-UJB/V/2023 tanggal 17 Mei 2023, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. hadir pada kegiatan undangan workshop Peninjauan dan Penyusunan Kurikulum program Studi Hukum (S1) dan Magister Hukum (S2). Kegiatan workshop yang dilaksanakan di Hotel Horison Ultima Riss Malioboro Yogyakarta diikuti oleh Akademisi, Aparat Penegak Hukum di wilayah DI Yogyakarta (Pengadilan, Kepolisian, Kejaksaan), kalangan praktisi Hukum, Alumni dan Mahasiswa sebagai para pemangku kepentingan (stakeholders) dan mitra.

Kegiatan workshop Peninjauan dan Penyusunan Kurikulum diawali dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Hukum Janabadra, Dr. Sudiyana, S.H., M.Hum., kemudian dilanjutkan penyampaian sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi oleh Rektor Universitas Janabadra, Dr. Risdiyanto S.T., M.T.. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Guru Besar Fakultas Hukum Univesitas Tarumanegara Jakarta, Prof. Dr. Mella Ismelina F. Rahayu, S.H., M.Hum. sebagai pemateri sekaligus mereview dan menilai paparan kurikulum yang telah disusun program Studi Sarjana Hukum (S1) dan Magister Hukum (S2).

Paparan kurikulum disampaikan oleh Kepala Program Studi Sarjana Hukum (S1) dan Kepala  Program Studi Magister Hukum (S2). Dalam penyampaian materi sekaligus mereview dan menilai paparan kurikulum, Guru Besar Fakultas Hukum Univesitas Tarumanegara Jakarta yang juga merupakan salah satu Tim Asesmen Lapangan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menyampaikan bahwa kurikulum yang disusun harus mengakomodir dan mampu  mewujudkan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM), yang merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul melalui pencapaian lulusan perguruan tinggi yang menguasai keilmuan yang komprehensif dan memiliki khasanah keilmuan yang lebih luas. Hal ini mengacu kepada Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Pada kegiatan review atas penyampaikan paparan kurikulum, dilaksanakan juga sesi dialog (tanya-jawab) dengan para stakeholder yang hadir untuk menyampaikan pendapat dan masukan-masukan terhadap kurikulum yang telah disusun. Dalam kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta menyampaikan saran dan masukan agar memasukkan materi/informasi yang up to date terkait perkembangan hukum yang ada di Indonesia (persidangan elektronik / eCourt); terkait materi Gugatan Sederhana, Mediasi, Tindak Pidana Korupsi, Sistem Peradilan Pidana Anak/SPPA; terkait permohonan magang harus jelas agar output dari kegiatan magang terukur dan tidak asal melaksanakan magang. Seluruh rangkaian kegiatan workshop Peninjauan dan Penyusunan Kurikulum diakhiri dengan penyerahan sertifikat dan plakat kepada Guru Besar Fakultas Hukum Univesitas Tarumanegara Jakarta oleh Dekan Fakultas Hukum Janabadra dan  dilanjutkan dengan Foto bersama dengan seluruh tamu undangan yang hadir.

Audiensi dan Wawancara oleh Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI ke Pengadilan Negeri Yogyakarta

on Rabu, 24 Mei 2023. Posted in Berita Terkini

Audiensi dan Wawancara oleh Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI ke Pengadilan Negeri Yogyakarta

Rabu, 24 Mei 2023, pukul 15.30 WIB bertempat di ruang Command Center, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M..H. didampingi Wakil Ketua Pengadilan, perwakilan Hakim dan Sekretaris menerima kunjungan Tim Badan Pengawasan dan Puslitbang Kumdil Mahkamah Agung RI. Maksud dan tujuan kedatangan tim untuk melaksanakan audiensi dan wawancara dalam rangka Penyusunan Naskah Kebijakan “Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi Aparatur Badan Pengawasan Melalui Pola Rekrutmen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)”.

Tim yang hadir melakukan berdiskusi dengan Ketua, Wakil dan perwakilan Hakim untuk menyaring informasi dan masukan-masukan terkait penyusunan naskah kebijakan yang disusun. Kontribusi masukan-masukan yang diperoleh tim, harapannya mampu menciptakan suatu proses rekrutmen yang baik dan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas sehingga dapat memperbaiki dan mengangkat citra serta marwah Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI ditengah maraknya berbagai kejadian negatif yang menerpa Aparatur Peradilan akhir-akhir ini.