HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Penerimaan dan Pembekalan Kuliah Praktik Peradilan Bagi Mahasiswa FH Universitas Islam Indonesia Pada Pengadilan Negeri Yogyakarta

on Rabu, 05 April 2023. Posted in Berita Terkini

Penerimaan dan Pembekalan Kuliah Praktik Peradilan Bagi Mahasiswa FH Universitas Islam Indonesia Pada Pengadilan Negeri Yogyakarta

Rabu, 5 April 2023, bertempat di Ruang Sidang Utama/Aula Pengadilan Negeri Yogyakarta, pukul 13.00 WIB telah dilaksanakan kegiatan penerimaan dan pembekalan Kuliah Praktek Peradilan bagi Mahasiswa Semester Genap Tahun Anggaran 2022/2023, Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Kegiatan penerimaan dan pembekalan dibuka oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Mujiono, S.H., M.H. didampingi para Hakim yang telah ditunjuk sebagai Hakim Pembimbing, Sekretaris dan Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana. Hadir Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Fakultas Hukum UII, Lucky Suryo Wicaksono, S.H., M.h., M.Kn. mewakili Fakultas Hukum UII dalam kegiatan penerimaan dan pembekalan Kuliah Praktek Peradilan bagi mahasiswa di Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Pengadilan mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa dan bercerita sepintas terkait tugas, pengalaman sebagai hakim dan informasi tentang dunia peradilan khususnya yang diterapkan di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Wakil Ketua Pengadilan berpesan kepada para mahasiswa agar selama melaksanakan kuliah praktek peradilan dapat belajar dengan baik dan menggali ilmu dan wawasan dari para Hakim Pembimbing yang telah ditunjuk. Mewakili Fakultas Hukum UII dalam kegiatan penerimaan dan pembekalan Kuliah Praktek Peradilan, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Fakultas Hukum UII menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan tersebut dan berpesan kepada para mahasiswa agar menjaga sikap dan perilaku selama melaksanakan berbagai kegiatan di Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Pada kegiatan penerimaan dan pembekalan juga diperkenalkan para Hakim yang telah ditunjuk sebagai Hakim Pembimbing dimana nantinya para mahasiswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan akan dibimbing oleh Hakim Pembimbing selama melaksanakan Kuliah Praktek Peradilan. Dalam kegiatan penerimaan dan pembekalan mahasiswa Fakultas Hukum UII, Hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta, Wisnu Kristiyanto, S.H., M.H. memberikan dan menyampaikan paparan singkat mengenai profil pengadilan dan struktur organisasi Pengadilan Negeri Yogyakarta untuk memberikan gambaran awal mengenai struktur, tugas dan fungsi masing-masing bagian serta berbagai fasilitas yang ada di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Kemudian dihadapan para mahasiswa fakultas Hukum UII, juga diberikan penyampaian sosialisasi terkait Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang telah diterapkan di Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Hal ini untuk menegaskan bahwa di Pengadilan Negeri Yogyakarta bebas atau tidak ada praktek-praktek menyimpang dalam berbagai layanan peradilan maupun perkara. Nantinya para mahasiswa Fakultas Hukum UII diwajibkan menggunakan jaket almamater dan akan diperbolehkan mengikuti kegiatan persidangan yang sifatnya terbuka untuk umum baik perkara perdata dan pidana, dan apabila ada persidangan yang sifatnya tertutup untuk dapat mengikuti, wajib bagi mahasiswa untuk meminta ijin kepada Majelis hakim sebelum mengikuti persidangan. Setelah penyampaian paparan singkat mengenai profil pengadilan dan struktur organisasi Pengadilan Negeri Yogyakarta kegiatan penerimaan dan pembekalan mahasiswa Fakultas Hukum UII berakhir.

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Sosialisasi Pembaruan Aplikasi SIPP dan Aplikasi e-Court

on Selasa, 04 April 2023. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Sosialisasi Pembaruan Aplikasi SIPP dan Aplikasi e-Court

Selasa, 04 April 2023, pukul 09.00 WIB sesuai surat undangan Badan Urusan Administrasi Sekretaris Mahkamah Agung RI nomor 37/Und/Bua.6/HM.02.3/IV/2023 tanggal 3 April 2023, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. didampingi Wakil Ketua Pengadilan, Hakim, Tim Satgas SIPP dan MIS, Perwakilan Panitera Pengganti Petugas Meja eCourt dan Meja 3 mengikuti kegiatan Sosialisasi Pembaharuan Aplikasi SIPP Tingkat Pertama versi 5.2.0 dan Aplikasi eCourt versi 5.0.0. Kegiatan sosialisasi yang diikuti seluruh  Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama di empat lingkungan peradilan secara daring melalui Zoom Meeting dibuka oleh Kepala Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi, Dr. Sobandi, S.H., M.H..

Pengembangan dan Pembaharuan Aplikasi SIPP dan eCourt dilakukan untuk menindaklanjuti Peraturan Ketua Mahkamah Agung RI nomor 7 tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Mahkamah Agung RI nomor 1 tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan secara elektronik, Keputusan Ketua mahkamah Agung RI nomor 269/KMA/SK/XII/2018 tentang Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya, Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI nomor 363/KMA/SK/XII/2022 tentang Petunjuk Teknis Administrasi dan Persidangan Perkara Perdata, Perkara Agama dan Tata Usaha Negara di Pengadilan secara elektronik. Dalam kegiatan sosialisasi ini, Tim IT Development Mahkamah Agung RI selaku pengembang aplikasi SIPP dan eCourt juga menjelaskan fitur-fitur pembaharuan yang terdapat pada versi terbaru dan memperlihatkan serta mendemonstasikan implementasi fitur tersebut kepada seluruh pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama yang hadir secara virtual.