HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Melakukan FGD terkait Pedoman Pemidanaan Pasal UU ITE

on Senin, 29 Mei 2023. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Melakukan FGD terkait Pedoman Pemidanaan Pasal UU ITE

Senin, 29 Mei 2023, pukul 13.30 WIB sesuai Surat Kepala  Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI (Puslitbang Kumdil) nomor 772/Bld.2/Lit/S/5/2023 bertempat di Command Center, Ketua  Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Setyadi, S.H., M.H. didampingi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, perwakilan Hakim yang ditunjuk, Plh. Sekretaris, Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana menerima kunjungan Tim Puslitbang Kumdil yang dipimpin oleh Dr. Lilik Mulyadi, S.H., M.H. selaku Koordinator Tim (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Nusa Tenggara Barat). Koordinator Tim dalam sambutannya menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan tim dalam rangka Penyusunan Naskah Urgensi Tahun Anggaran 2023 dengan judul “Pedoman Pemidanaan Pasal - Pasal Tertentu Dalam Undang - Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)”.

Hadir bersama tim Puslitbang Kumdil, Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Budi Suhariyanto, S.H., M.H. yang turut membantu dalam penyusunan naskah urgensi tersebut. Dalam pemaparannya peneliti BRIN menyampaikan bahwa Focus Group Discussion(FGD) bersama Hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta dilaksanakan sebagai urgensitas pedoman bagi hakim dalam menafsirkan pasal-pasal tertentu (pasal karet) pada Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik.  Urgensitas pedoman bagi hakim diantaranya terkait perbedaan penafsiran dalam putusan Pengadilan (Judex Factie), dampak yang ditimbulkan pada ketidaksatuan penerapan hukum (judex Juris), serta perlunya konsolidasi untuk menghindari multitafsir antar hakim dalam menghadapi kemungkinan potensi meningkatnya perkara ITE menjelang  tahun politik. Masukan saran dan informasi yang diperoleh dari audiensi dan wawancara akan dijadikan satu dengan masukan-masukan yang diperoleh dari hasil FGD di Pengadilan Tinggi atau Negeri lainnya untuk kemudian ditarik kesimpulan sebagai acuan dan pedoman bagi hakim.

Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Opening Ceremony Piala Dekan Fakultas Hukum XVII UGM

on Jumat, 26 Mei 2023. Posted in Berita Terkini

Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Opening Ceremony Piala Dekan Fakultas Hukum XVII UGM

Jumat, 26 Mei 2023, pukul 15.30 WIB, memenuhi undangan Panitia Kompetisi Peradilan Semu Internal Piala Dekan Fakultas Hukum XVII nomor 30/B/SPARTA/V/2023 tanggal 12 mei 2023, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. hadir sebagai pembicara dalam acara Opening Ceremony Piala Dekan Fakultas Hukum XVII di ruang Auditorium Fakultas Hukum UGM. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Komunitas Peradilan Semu Satria Paramartha (Sparta) Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada diperuntukan bagi internal mahasiswa Fakultas Hukum UGM sendiri.

Kompetisi Peradilan Semu Internal Piala Dekan Fakultas Hukum XVII yang mengusung tema besar “Harmoni Integritas dan Intelektualitas Mahasiswa dalam Penerapan Hukum Pidana Modern” dibuka secara resmi dengan ditandai pemukulan gong oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Sistem Informasi, Dr. Heribertus Jaka Triyana, S.H., LL.M., M.A.. Dalam acara Opening Ceremony,  kegiatan kompetisi juga diisi dengan seminar hukum yang diisi oleh Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta dan Dosen Hukum Pidana Fakultas Hukum UGM. Dalam dialog singkat antara pemateri dan mahasiswa membahas terkait Tindak Pidana Korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang serta membahas seputar permasalah hukum yang hangat atau menjadi perbincangan di masyarakat. Seluruh rangkaian acara kegiatan dalam rangka Opening Ceremony kompetisi Peradilan Semu Internal Piala Dekan Fakultas Hukum XVII diakhiri dengan penyerahan plakat kepada para pemateri dan dilanjutkan dengan foto bersama pemateri dan seluruh peserta mahasiswa yang hadir.