HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Pengurus Cabang IKAHI Yogyakarta Mengikuti Seminar Internasional dalam Rangka Perayaan HUT IKAHI ke-70

on Senin, 20 Maret 2023. Posted in Berita Terkini

Pengurus Cabang IKAHI Yogyakarta Mengikuti Seminar Internasional dalam Rangka Perayaan HUT IKAHI ke-70

Senin, 20 Maret 2023, pukul 14.00 WIB, masih dalam rangkaian perayaan  puncak HUT ke-70 IKAHI tahun 2023, bertempat di Ruang Command Center, Pengurus IKAHI Cabang Yogyakarta Pengadilan Negeri Yogyakarta mengikuti kegiatan acara Seminar Internasional dengan tema “International Seminar on Comercial case Handling and Bankruptcy/ Restructuring : Trends and Lessons Learned From The region”. Kegiatan seminar internasional yang dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) terselenggara atas kerjasama antara Pengurus Pusat IKAHI, Mahkamah Agung RI, Federal Court of Australia, Australia Indonesia Partnership For Justice 2 (AIPJ2).

Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. selaku Penasihat IKAHI Cabang Yogyakarta, Wakil Pengadilan Negeri Yogyakarta, Mujiono, S.H., M.H. selaku Pengawas IKAHI Cabang Yogyakarta dengan didampingi Pengurus IKAHI Cabang Yogyakarta Pengadilan Negeri Yogyakarta mengikuti kegiatan seminar internasional  secara daring melalui zoom meeting. Dalam kegiatan seminar internasional menghadirkan para narasumber yang berasal dari dalam negeri yaitu I Gusti Agung Sumanatha, S.H, M.H. (YM. Ketua Kamar Perdata Mahkamah Agung RI), Perwakilan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), maupun narasumber luar negeri yaitu The Hon James Leslie Bain ALLSOP AC (Chief Justice of Federal Court of Australia), Justice Aedit Abdullah (Justice of Singapore Supreme Court), Scoot A. Atkins (President INSOL International) dan dipandu oleh moderator yaitu Prof. Dr. Ningrum Natasya Sirait, S.H., M.LI. ( Akademisi/Profesor Universitas Sumatera Utara).

Kegiatan seminar dilaksanakan dalam rangka untuk berdialog/bertukar pengalaman dan meningkatkan wawasan hakim serta refleksi tentang strategi apa saja yang telah dilakukan negara-negara tetangga dalam merespon tekanan krisis dan pandemi yang berkepanjangan selama kurang lebih 3 tahun dan sejauh mana strategi tersebut bisa relevan dalam konteks di negara Indonesia. Disamping itu membahas isu internasional tentang transitional system of comercial justice, cost boarder and insolvency dan international comercial dispute resolution dan isu-isu aktual penting lainnya.

Kegiatan ini sangat penting bagi hakim di Indonesia khususnya bagi hakim niaga di Indonesia karena akan mendiskusikan dan mempelajari pengalaman-pengalaman dari yuridiksi regional lain dalam melaksanakan fungsi lembaga pengadilan dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, kebijakan-kebijakan yang diambil, strategi yang diterapkan dan tantangan yang dihadapi untuk diterapkan di Indonesia. Acara acara Seminar Internasional dengan tema “International Seminar on Comercial case Handling and Bankruptcy/Restructuring : Trends and Lessons Learned From The region” ditutup dengan penyerahan plakat cenderamata oleh Y.M. Ketua Mahkamah Agung RI Yudisial, Prof. Dr. H.M Syarifuddin, S.H., M.H. selaku pelindung Pengurus Pusat IKAHI kepada para narasumber dan moderator.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi Pengadilan Negeri Yogyakarta

on Senin, 20 Maret 2023. Posted in Berita Terkini

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi Pengadilan Negeri Yogyakarta

Senin, 20 Maret 2023 pukul 13.00 WIB, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. telah melangsungkan acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Elias Hamonangan, S.E., S.H., M.H. sebagai Hakim Ad Hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Yogyakarta. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan sesuai Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI nomor 37/KMA/SK/II/2023 tentang Pengangkatan/Penempatan Hakim Ad Hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Tingkat Banding dan Tingkat Pertama tanggal 23 Februari 2023.

Acara yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama/Aula Pengadilan Negeri Yogyakarta dan dihadiri oleh Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, dan seluruh Aparatur Pengadilan Negeri Yogyakarta. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Hakim Ad Hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Yogyakarta, pembacaan pakta integritas oleh Hakim Ad Hoc yang dilantik, penandatanganan dokumen pelantikan dan pembacaan pakta integritas.

Dalam sambutan dan arahannya Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta mengucapkan selamat atas pelantikan sebagai Hakim Ad Hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada  Pengadilan Negeri Yogyakarta dan mengucapkan selamat bergabung menjadi bagian keluarga besar Pengadilan Negeri Yogyakarta. Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta berpesan bahwa Pengadilan Negeri Yogyakarta sebagai Pengadilan yang kerap ditunjuk menjadi Pilot Project dan menjadi rujukan bagi mahasiswa atau universitas (Pengadilan Pendidikan) maka diharapkan dapat segera menyesuaikan diri dengan lingkungan di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Seluruh rangkaian acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan dilaksanakan dengan lancar dan khidmat. Selanjutnya acara ditutup dengan pemberian ucapan selamat bagi Hakim Ad Hoc yang dilantik serta foto bersama .