HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Kegiatan Pengadilan

Rapat Koordinasi Bersama Satgas SIPP dan MIS Pengadilan Negeri Yogyakarta

on Rabu, 31 Mei 2023. Posted in Kegiatan Pengadilan

Rapat Koordinasi Bersama Satgas SIPP dan MIS Pengadilan Negeri Yogyakarta

Rabu, 31 Mei 2023, pukul 08.30 WIB bertempat di ruang Command Center, Ketua Tim Satgas SIPP dan MIS, Surtiyono, S.H., M.H. memimpin langsung pelaksanaan rapat koordinasi bersama Tim Satgas SIPP dan MIS dan perwakilan Panitera Pengganti. Rapat koordinasi tim Satgas SIPP dan MIS dilaksanakan untuk memonitoring dan mengevaluasi kepatuhan pengisian SIPP (melalui aplikasi MIS) dan capaian nilai Evaluasi Implementasi SIPP (EIS) Pengadilan Negeri Yogyakarta di bulan Mei 2023 serta menganalisis kendala-kendala yang ada dalam pelaksanaanya. Ketua Tim Satgas SIPP dan MIS berpesan agar setiap hari melakukan memonitoring, mengecek dan menyelesaikan tunggakan pada aplikasi SIPP & MIS sekaligus sebagai kontrol dan evaluasi sehingga diharapkan dapat mendongkrak capaian nilai Evaluasi Implementasi SIPP (EIS). 

Pembinaan dan Monev Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta Bulan Mei 2023

on Selasa, 30 Mei 2023. Posted in Kegiatan Pengadilan

Pembinaan dan Monev Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta Bulan Mei 2023

Selasa, 30 Mei 2023, pukul 13.15 WIB bertempat di Ruang Sidang Utama/Aula Pengadilan telah dilaksanakan Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta bulan Mei tahun 2023. Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H. didampingi Wakil Ketua Pengadilan memimpin rapat tersebut. Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Hymne Mahkamah Agung RI, yang kemudian dilanjutkan pengucapan Tri Prasetya Hakim oleh perwakilan Hakim, Pengucapan 8 nilai utama Mahkamah Agung RI dan pengucapan BerAkhklak Core Values ASN.

Agenda pertemuan yang pertama yaitu pembinaan oleh Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta. Dalam pembinaannya Ketua Pengadilan negeri menyampaikan kepada seluruh Hakim dan Aparatur Pengadilan Negeri Yogyakarta tentang berbagai hal diantaranya:  Pelaksanaan monitoring evaluasi kinerja bulan April 2023 membahas capaian kinerja bulan April 2023 hingga waktu pelaksanaan rapat pembinaan dan monitoring evaluasi; Membahas hasil temuan Pengawasan Daerah oleh Pengadilan Tinggi Yogyakarta; Mengingatkan dan menegaskan kembali untuk mentaati terkait PERMA 7, 8, 9 tahun 2016 tentang penegakan disiplin, pembinaan atasan, dan pedoman penanganan pengaduan; terkait kedisiplinan pegawai apabila meninggalkan kantor harus ada surat ijin dan sepengetahuan pimpinan; terkait sudah berjalannya eCourt di Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi maka administrasi perkara harus dilaksanakan secara elektronik maka  pengisian register elektronik harus tertib dan setiap personil memahami serta akan diagendakan pelatihan eCourt untuk me-refresh pengetahuan akan eCourt; terkait tunggakan perkara di SIPP baik Hakim, Panitera Pengganti dan Jurusita harus aktif mengecek; terkait penjilidan berkas perkara Tipikor, bagian kepaniteraan muda Tipikor dan Bagian Umum keuangan harus memastikan manajemen resiko dengan rekanan  berjalan dengan baik untuk menghindari resiko adanya kehilangan berkas perkara; terkait penyampaian informasi di media sosial untuk dikelola, dikontrol dan direspon apabila ada pertanyaan; Ketua Pengadilan berpesan agar seluruh pegawai melaksanakan tugas dan kewajiban kedinasan dengan sebaik-baiknya, menjunjung integritas, konsisten, profesional dan menginformasikan bahwa pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 dilaksanakan dengan mengenakan seragam surjan kamis pahing.

Selanjutnya pada penyampaian Laporan Koordinator Pengawas Bidang oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Mujiono, S.H., M.H. menyampaikan dan menegaskan beberapa hal diantaranya: Terkait ijin keluar kantor pegawai menggunakan surat ijin, ketertiban harus dijaga dan dipelihara; terkait ketertiban dalam pengisian SIPP yang berpengaruh pada nilai EIS; terkait pengisian Laporan Lembar Kerja (LLK) untuk tertib diisi untuk memantau sejauh mana efektifitas waktu dipergunakan; terkait pelaksanaan tindak lanjut hasil pengawasan bidang harus disertai laporan penyelesaian tindak lanjut pengawasan yang disertai eviden; mengingatkan kepada Hakim dan ASN Pengadilan Negeri Yogyakarta untuk bijak dalam bermedia sosial; Wakil Ketua Pengadilan berpesan kepada hakim dan panitera pengganti agar memperhatikan waktu penahanan berakhir pada perkara pidana agar terdakwa tidak lepas demi hukum sebelum perkara diputus.

Pada laporan kepaniteraan, Panitera menyampaikan kepada jajarannya agar tertib dalam pengisian SIPP, tetap menjaga kedisiplinan dan integritas dalam bekerja. Kemudian pada laporan kesekretariatan, Plh. Sekretaris menyampaikan terkait progres penyusunan pagu anggaran tahun 2024 oleh bagian PTIP, dan menyampaikan informasi terkait pencairan Gaji ke-13 bagi Hakim dan ASN. Setelah penyampaian laporan Kepaniteraan dan kesekretariatan dilanjutkan dengan perkenalan oleh Hakim dan Pegawai yang mutasi ke Pengadilan Negeri Yogyakarta. Pada agenda rapat monitoring evaluasi kinerja bulan Mei 2023 ini juga dilaksanakan pengumuman best performance Petugas PTSP bulan April 2023. Tim Penilai Petugas PTSP, Heri Kurniawan, S.H, M.H. menyampaikan penilaian tertinggi bulan April 2023 yang diperoleh oleh Staf Kepaniteraan Muda Perdata, Okta Emilia Larasati, S.H. Setelah pengumuman best performance Petugas PTSP bulan April 2023 , Ketua Pengadilan didampingi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta menyerahkan Piagam penghargaan best performance Petugas PTSP yang dilanjutkan foto bersama. Dengan selesainya penyerahan piagam penghargaan maka  seluruh rangkaian acara kegiatan rapat Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta bulan Mei tahun 2023 berakhir.