HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Kegiatan Pengadilan

Pembinaan dan Monev Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta Bulan Agustus Tahun 2023

on Kamis, 31 Agustus 2023. Posted in Kegiatan Pengadilan

Pembinaan dan Monev Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta Bulan Agustus Tahun 2023

Kamis, 31 Agustus 2023, pukul 13.30 WIB bertempat di Ruang Sidang Utama/Aula Pengadilan telah dilaksanakan Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta bulan Agustus tahun 2023. Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Muh. Djauhar Setyadi, S.H., M.H memimpin rapat pembinaan tersebut. Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Hymne Mahkamah Agung RI, yang kemudian dilanjutkan pengucapan Tri Prasetya Hakim oleh perwakilan Hakim, Pengucapan 8 nilai utama Mahkamah Agung RI dan pengucapan BerAkhklak Core Values ASN.  Agenda pertama yaitu pembinaan dan arahan oleh Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta. Dalam pembinaan dan arahannya Ketua Pengadilan Negeri menyampaikan bahwa sehubungan kondisi Wakil Ketua Pengadilan yang sedang sakit maka untuk sementara tugas Wakil Ketua akan diambil alih untuk sementara waktu.

Ketua Pengadilan berharap  agar setiap aparatur Pengadilan Negeri Yogyakarta untuk menjaga kedisiplinan dan melaksanakan tugas dengan baik dengan penuh tanggung jawab dan ikhlas. Kemudian sesuai dari hasil pembinaan Pimpinan Mahkamah Agung di Banjarmasin juga disampaikan kabar baik bagi Hakim terkait Asuransi Kesehatan. Dalam penanganan perkara, Ketua Pengadilan berharap agar dalam pelaksanaan tugas jajaran Kepaniteraan dan Hakim memperhatikan dan memantau aplikasi Evaluasi Implementasi SIPP (EIS) sebagai alat monitoring kinerja karena capaian kinerja dipantau melalui aplikasi tersebut. Ketua berpesan agar tidak terpaku mengejar kecepatan dan nilai semata tetapi juga memperhatikan kualitas dan aturan yang ada (tidak asal-asalan).

Masih dalam arahannya Ketua juga mengingatkan beberapa hal diantaranya kepada Hakim agar dalam penyelesaian perkara memperhatikan batas waktu penyelesaian perkara (tidak lebih dari ketentuan yang ada); kepada Panitera Pengganti agar cermat dan teliti terkait perpanjangan penahanan dan kepada pejabat struktural harap mencermati isi redaksi dan tidak asal memberikan paraf tanpa membaca atau mengetahui isi. Diakhir penyampaian pembinaan dan arahannya, Ketua Pengadilan mengingatkan kembali kepada seluruh Hakim dan Aparatur Pengadilan Negeri Yogyakarta untuk benar-benar memahami Peraturan Mahkamah Agung nomor 7, 8, 9 tahun 2016 dan Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI nomor 1 tahun 2017 tentang penegakan disiplin, pengawasan dan pembinaan bagi Hakim dan Aparatur Pengadilan. Selanjutnya dalam pembahasan laporan koordinator pengawas bidang, Ketua Pengadilan berpesan agar segera ditindaklanjuti oleh masing-masing bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan.

Agenda Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja dilanjutkan dengan penyampaian laporan Kepaniteraan oleh Plt. Panitera dan laporan Kesekretariatan oleh Sekretaris. Plt. Panitera dalam penyampaiannya berpesan kepada jajaran Kepaniteraan agar menyelesaikan temuan pengawasan bidang dan menyelesaikan berbagai tunggakan pada SIPP karena berkaitan dalam penyelesaian laporan perkara bulanan dan terkait administrasi persuratan mengingatkan kepada setiap bagian kepaniteraan agar menggunakan format sesuai tata naskah dinas terbaru. Pada laporan Kesekretariatan, Sekretaris menyampaikan beberapa hal diantaranya, terkait tindak lanjut temuan pengawasan bidang akan segera ditindaklanjuti; penyampaian capaian realisasi anggaran DIPA 01 dan 03 serta revisi DIPA 03 yang telah dilaksanakan; pelaksanaan proses pengukuran ulang tanah Kantor Pengadilan Negeri Yogyakarta telah dilaksanakan; penyelesaian dokumen pengusulan kenaikan kelas pengadilan akan diselesaikan dan diinput pada aplikasi e-iplans.

Pada agenda rapat pembinaan dan monitoring evaluasi kinerja bulan Agustus 2023 ini juga dilaksanakan pengumuman best performance Petugas PTSP bulan Juli 2023. Tim Penilai Petugas PTSP, Heri Kurniawan, S.H, M.H. menyampaikan penilaian tertinggi bulan Juli 2023 yang diperoleh oleh Staf Umum Keuangan, Diah Sukorini, S.H.. Setelah pengumuman best performance Petugas PTSP bulan Juli 2023, Ketua Pengadilan menyerahkan Piagam penghargaan bagi Petugas PTSP lalu dilanjutkan dengan foto bersama. Dengan selesainya penyerahan piagam penghargaan maka  seluruh rangkaian acara kegiatan rapat Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Kinerja Pengadilan Negeri Yogyakarta bulan Agustus tahun 2023 berakhir.

Apel Pagi Rutin Petugas PTSP 31 Agustus 2023

on Kamis, 31 Agustus 2023. Posted in Kegiatan Pengadilan

Apel Pagi Rutin Petugas PTSP 31 Agustus 2023

Kamis, 31 Agustus 2023, pukul 08.00 WIB apel Pagi Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Yogyakarta dilaksanakan. Bertindak sebagai pimpinan apel adalah Sekretaris, Tasiman, S.H., M.H., didampingi  Plt. Panitera dan Panitera Muda Hukum. Dalam penyampaian arahannya, Sekretaris berpesan kepada seluruh Petugas PTSP dan perwakilan seluruh bagian Kepaniteraan dan Kesekretariatan agar melaksanakan tugas dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada pengguna layanan peradilan dan mengikuti arahan dan petunjuk dari pimpinan/atasan.

Sekretaris juga menginformasikan di hari terakhir bulan Agustus 2023 akan dilaksanakan Rapat Monitoring Evaluasi Kinerja bulan Agustus di Aula agar diikuti oleh seluruh pegawai Pengadilan Negeri Yogyakarta. Kegiatan Apel Petugas PTSP diakhiri dengan pembacaan 8 Nilai Utama Mahkamah Agung RI, Yel-yel dan doa yang dipimpin oleh Panitera Muda Hukum Pengadilan Negeri Yogyakarta.